Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:59 WIB | Selasa, 31 Agustus 2021

Parlemen Estonia Gagal Pilih Presiden

Alar Karis, mantan auditor negara dan direktur Museum Nasional Estonia saat ini, menghadiri sidang Parlemen Estonia di Tallinn, Estonia, Senin, 30 Agustus 2021. (Foto: AP/Raul Mee)

TALLINN, SATUHARAPAN.COM-Parlemen Estonia pada Senin (30/8) gagal memilih presiden baru untuk negara Baltik itu setelah anggota parlemen menolak satu-satunya kandidat dalam putaran pertama pemungutan suara.

Alar Karis, direktur Museum Nasional Estonia, mendapat dukungan dari 63 anggota parlemen dengan 16 suara kosong dan sisanya tidak hadir atau abstain di 101 kursi legislatif Riigikogu. Dia membutuhkan mayoritas dua pertiga, atau 68 suara, untuk dipilih dalam pemungutan suara rahasia.

Hasilnya berarti putaran pemungutan suara lebih lanjut akan diadakan pada hari Selasa (31/8).

Karis yang berusia 63 tahun, mantan auditor negara dan kepala universitas, adalah satu-satunya kandidat yang mencalonkan diri dalam pemilihan untuk menggantikan Kersti Kaljulaid, presiden wanita pertama Estonia. Dia tidak mendapat masa jabatan lima tahun lagi karena dia gagal mendapatkan dukungan dari 21 anggota parlemen untuk mencalonkannya sebagai kandidat.

“Besok hari yang lain. Saya percaya kami akan mendapatkan hasil yang berbeda," kata Karis kepada wartawan segera setelah pejabat pemilihan mengumumkan hasil resmi.

Di bawah sistem pemilihan presiden Estonia yang kompleks, dua putaran pemungutan suara dijadwalkan pada Selasa. Jika itu gagal, pemilihan akan dipindahkan ke dewan pemilihan anggota khusus 208 yang terdiri dari anggota parlemen dan perwakilan kota yang akan memilih kepala negara baru pada bulan September.

Bahkan jika badan itu gagal memilih kepala negara, pemungutan suara akan kembali ke Parlemen dan prosesnya akan dimulai dari awal lagi. Itulah yang terjadi pada tahun 2016 ketika Kaljulaid akhirnya dipilih oleh anggota parlemen setelah badan khusus pemilihan tidak dapat member hasil.

Karis dipandang memiliki peluang bagus untuk terpilih karena Partai Reformasi Perdana Menteri Kaja Kallas dan Partai Tengah, yang membentuk pemerintahan koalisi kanan-tengah Estonia dengan total 59 kursi di Riigikogu, mendukungnya awal bulan ini.

Kedua pihak memuji latar belakang akademis Karis yang solid, termasuk memimpin Universitas Tartu, institusi akademik utama Estonia, dan pemahamannya tentang masyarakat Estonia.

Dua partai oposisi, Sosial Demokrat dan Tanah Air yang konservatif, juga menunjukkan dukungan yang masuk akal untuk Karis, sementara partai EKRE sayap kanan populis, juga oposisi, mengindikasikan tidak akan mendukungnya setelah partai tersebut gagal mendaftarkan usulannya sendiri.

Perdana menteri memegang sebagian besar kekuasaan di Estonia, anggota Uni Eropa dan NATO dari 1,3 juta orang, sementara peran presiden sebagian besar seremonial, termasuk mewakili negara di luar negeri dan bertindak sebagai pemimpin opini domestik.

Tetapi kekuasaan presiden termasuk menjadi panglima tertinggi angkatan bersenjata Estonia, secara resmi menunjuk anggota pemerintah, menandatangani undang-undang untuk membuatnya sah. Presiden juga memiliki wewenang untuk memveto undang-undang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home