Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:57 WIB | Sabtu, 10 Januari 2015

Parlemen Pakistan Setujui Pengadilan Militer untuk Teroris

Sekolah di Peshawar, Pakistan yang diserang secara brutal oleh milisi Taliban. Sebanyak 150 orang menjadi korban. (Foto: dari Dawn)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM – Majelis rendah Parlemen Pakistan, hari Selasa (6/1) menyetujui pembentukan pengadilan militer untuk mengadili kasus terorisme, setelah pembantaian oleh Taliban pada sebuah sekolah yang dikelola militer di barat laut negara itu.

Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif, telah mengumumkan rencana itu setelah militan menembak mati 134 anak-anak dan 16 orang dewasa di sekolah di Peshawar bulan lalu.

Dia juga mengakhiri moratorium yang telah berlangsung enam tahun untuk hukuman mati dalam kasus-kasus teror, dan beberapa orang telah dieksekusi di tiang gantungan.

Anggota oposisi utama bergabung dengan partai yang berkuasa, hari Selasa menyetujui itu dan akan membawa hal itu pada majelis tinggi.

"Pil pahit hukum baru ini ditelan demi keamanan Pakistan," kata Syed Khursheed Ahmed Shah, pemimpin oposisi di majelis rendah.

Kelompok Fazal Abstain

Langkah itu disetujui setelah 247 anggota parlemen, lebih dari mayoritas dua pertiga sebagai syarat untuk mengamandemen konstitusi, yang memungkinkan perintah membentuk pengadilan militer.

Sementara dalam keputusan itu, anggota Jamaat-e-Islami dan Jamiat Ulema-i-Islam (Kelompok Fazal) abstain.

"Kami tidak cukup yakin ketika amandemen sedang dilakukan," kata Kepala Fasal, Fazalur Rehman, wartawan di parlemen.

"Kisah 9/11 sedang diulang di sini," kata dia, mengacu pada kejadian 11 September 2011 serangan terhadap Amerika Serikat.

"Setelah 9/11 Muslim menjadi target dan hal yang sama yang dilakukan atas nama amandemen konstitusi. Beberapa pasukan mencoba untuk memulai perang antara pasukan agama dan sekuler di negeri ini," katanya.

Anggota partai mantan pemain  kriket yang beralih jadi politisi, Imran Khan tidak hadir, karena mengundurkan diri. Dia menuduh bahwa pada pemilihan umum tahun lalu yang membawa Sharif kembali berkuasa telah terjadi kecurangan.

Selain partai-partai keagamaan, beberapa partai politik moderat dan anggota kaum intelektual mengkritik rencana pengadilan militer.

Bukan Jawaban

Surat kabar berbahasa Inggris terkemuka Dawn menysebut hal itu sebagai "hari yang menyedihkan" dalam sebuah editorialnya hari Selasa.

Hal ini merupakan tuduhan bahwa para pemimpin politik tidak mampu mempertahankan akar konstitusional dan demokratis negara atau melawan "tuntutan para jenderal."

"Ya, kita perlu strategi yang koheren untuk memerangi militansi dan pemimpin politik dan militer harus bekerja sama. Tapi pengadilan militer bukan jawabannya," kata Fajar.

Di kota terbesar di negara itu, Karachi, pada hari  Selasa, dua prajurit paramiliter tewas dan beberapa cedera dalam serangan di tempat persembunyian militan Taliban.

Polisi mengatakan serangan itu menyusul laporan intelijen bahwa gerilyawan bersembunyi di sebuah rumah di lingkungan di distrik Landhi Khurramabad.

"Para gerilyawan melepaskan tembakan sengit, sementara pasukan paramiliter merampok rumah, membunuh dua tentara," kata seorang perwira senior polisi kepada AFP tanpa menyebut nama.

Petugas polisi, Akhtar Farooq, mengatakan tujuh orang,  dua wanita, dua anak, dua laki-laki dan pemilik rumah  ditahan untuk penyelidikan lebih lanjut.

Dia mengatakan menemukan pistol 9 mm dan Kalashnikov, serta beberapa perangkat peledak buatan ditemukan di rumah. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home