Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 19:36 WIB | Selasa, 13 Januari 2015

Partai Komunis Khawatir Ledakan Kekristenan di Tiongkok (2)

Orang Kristen Tiongkok sedang memuji Tuhan. (Foto: chacha.com)

HANGZHOU, SATUHARAPAN.COM – Kekristenan meledak di Tiongkok. Bakal menjadi negara dengan penganut Kristen terbesar di dunia. Namun, pesatnya kekristenan Tiongkok mengkhawatirkan penguasa, terutama pengurus Partai Komunis Tiongkok. Dua tulisan bersambung hasil penelusuran csmonitor.com menguaknya.

Selama beberapa dekade, kekristenan di Tiongkok dianggap sebagai takhayul yang dipercaya petani perempuan tua. Namun demografi agama berubah secara dramatis. Orang Kristen baru Tiongkok lebih muda, lebih berpendidikan, lebih urban, dan lebih makmur.

Salah satu perubahan yang mengejutkan adalah bahwa mayoritas orang percaya tidak lagi melihat kekristenan sebagai sesuatu yang asing. Mereka makin melihat iman sebagai melampaui sistem misionaris yang diturunkan dari Barat. Banyak orang Tiongkok tidak lagi menerima gagasan bahwa menjadi Kristen berarti mengorbankan identitas Tiongkok.

Musim panas lalu, kepala urusan agama Tiongkok mengatakan bahwa 500.000 orang Kristen dibaptis setiap tahun di negara itu. Sebuah studi bersama antara Baylor University di Waco, Texas, dan Peking University di Beijing memperkirakan bahwa sekarang ada 70 juta orang Kristen di atas usia 16 di Tiongkok. Keanggotaan Partai Komunis sekitar 83 juta.

Meski begitu, tidak ada angka yang tepat untuk menebak jumlah jemaat. Statistik pemerintah Tiongkok menempatkan kenaikan orang Kristen Protestan di gereja-gereja resmi adalah 800.000 pada 1979, tiga juta pada 1982, 10 juta pada 1995, dan 15 juta pada 1999.

Carsten Vala, seorang pakar agama di Tiongkok untuk Loyola University Maryland di Baltimore, mengatakan 40-60 juta adalah perkiraan paling konservatif untuk jumlah Kristen evangelikal. Fenggang Yang, direktur Pusat Agama dan Masyarakat Tionghoa di Purdue University di Indiana, menebak ada lebih dari 80 juta orang Kristen. Dan, Tiongkok akan memiliki 245 juta orang Kristen pada 2030 jika pertumbuhan stabil—membuatnya menjadi negara yang paling padat penduduknya dengan orang Kristen Protestan di dunia.

Dalam beberapa hal ini tampaknya berlawanan dengan akal sehat. Menjadi orang Kristen di negara yang melihat ibadah sebagai hal aneh atau takhayul tidak dapat meningkatkan status seseorang. “Sama sekali tidak ada keuntungan sosial untuk menjadi orang Kristen di Tiongkok,” kata Bob Fu, seorang pendeta yang lolos tindakan keras polisi Tiongkok pada 1990-an dan sekarang memimpin organisasi non-pemerintah ChinaAid, yang memonitor hak Kristen di negara ini. “Tidak ada keuntungan finansial, tidak ada status, tidak ada imbalan, tidak ada hak istimewa saat kita memilih agama Kristen.”

Namun saat Tiongkok mencapai kekayaan materi dan kesuksesan, banyak yang merasa kehilangan. Keberhasilan reformasi ekonomi di bawah pemimpin Tiongkok Deng, yang diluncurkan pada awal 1990-an, tidak membantu membangun kembali infrastruktur spiritual Tiongkok. Hancur selama perang dan Revolusi Kebudayaan. Kebangkitan Tiongkok datang dengan biaya: hilangnya nilai-nilai tradisional dan munculnya kecurangan, korupsi, dan persaingan sengit. Ini seperti yang ditunjukkan Orville Schell, Direktur Arthur Ross untuk Pusat Relasi AS-Tiongkok di Asia Society di New York. Ada 150 miliarder di Tiongkok, tetapi sedikit kepastian.

“Semua orang meraba-raba,” katanya. “Orang-orang beralih ke agama Buddha, Kristen, dan Taoisme. CEO dan miliarder minta nasihat guru spiritual dan bermeditasi.”

Dalam lusinan wawancara dengan orang-orang percaya di gereja-gereja resmi dan rumah, kata yang mereka gunakan sebagai alasan berpaling ke gereja adalah “kasih”. “Tiongkok merindukan kasih, itu benar-benar alasannya,” kata seorang wanita yang pergi ke gereja rumah Sion di Beijing, yang memiliki lebih dari 10.000 jemaat dan dengan pendeta adalah orang Korea. “Kita perlu kasih, dan dalam beberapa hal sesederhana itu.”

Satu intelektual dan mantan editor surat kabar Tiongkok setuju bahwa Tiongkok telah menjadi jenuh dan korup. Tapi, dia tidak setuju ada perubahan signifikan terhadap hal-hal rohani.

“Kami terlalu nyaman dan bersedia ... untuk mengatakan 'ya' untuk apa pun,” kata Li Datong. “Saya kira ada kelaparan spiritual.”

Namun orangtua di Tiongkok mengeluhkan masyarakat yang mengajarkan matematika dan sains di sekolah tapi tidak sedikit untuk mendidik perilaku atau karakter. Kasus Little Yueyue adalah simbol dari kekosongan moral. Gadis berumur tahun tertabrak van di Guangdong beberapa tahun lalu. Sopir tidak berhenti. Gadis terlempar ke sisi jalan, dan 17 orang berjalan melewati sebelum seorang migran berhenti untuk membantu. Acara itu ditangkap pada video yang menyebar cepat dan mendorong orang mempertanyakan di mana jiwa nasional.

Para ahli mengatakan Tiongkok memiliki sifat praktis, dan jika mereka mengadopsi pesan para penginjil, terutama setelah bertahun-tahun bergulat dengan pemikiran Marxis yang dibutuhkan, mereka menganggap ini ringan. Banyak yang bekerja keras untuk hal itu.

“Kristen Tiongkok mengenal Alkitab lebih baik daripada beberapa jemaat Gereja Baptis Selatan,” kata Wickeri di Hong Kong. “Itu bukan hal yang kecil.”

Misalnya, pendeta Han Yufang di Gereja Chongwenmen di Beijing. Han adalah salah satu dari banyak wanita sekarang sedang ditahbiskan di gereja-gereja resmi. Tapi selama bertahun-tahun ayahnya melarang dia untuk mencari kedamaian ke dalam agama Kristen. Namun, dia tetap melakukannya, mempelajarinya selama tujuh tahun, dua terakhir berdoa hampir tiap malam. Suatu malam ia berlutut di samping tempat tidur dan berdoa kepada Allah, “Bapa, bukan kehendak saya, tapi kehendak-Mu.” Dia bilang dia merasakan dorongan yang jelas untuk belajar di sekolah teologi.

Wanita lain, seorang ibu di usia 40-an, pertama kali pergi ke gereja bersama teman-teman. Dia bilang dia merasa apa-apa tapi terus akan menjadi bagian dari kelompok. Dia mencoba-coba. Dia mencoba Buddhisme, tapi, “saya tidak pernah benar-benar menemukan kedamaian.” Dalam satu ibadah dengan konsep “pengampunan datang entah dari mana, membersihkan dan meluluhkan saya dengan cara yang saya tidak bisa dijelaskan,” katanya. Pada saat itu dia “selalu bertengkar” dengan suaminya. Setelah pengalaman itu, ketegangan berhenti. Suaminya juga mulai menghadiri kebaktian dengan dia, seperti yang dilakukan anak mereka, yang menemukan cerita-cerita Alkitab “menarik.”

Untuk sebagian besar, orang Kristen Protestan berusaha menjaga kegiatan altruistik yang mereka lakukan di antara masyarakat. Tiongkok secara resmi mengakui lima agama - Islam, Katolik, Protestan, Buddha, dan Taoisme. Tapi hanya Buddhisme dan Protestan mengalami pertumbuhan yang hidup. Orang Kristen evangelikal tidak ingin menarik perhatian kepada diri mereka sendiri dan melakukan sebagian besar karya baik mereka tanpa publisitas.

Namun dalam kasus-kasus seperti gempa bumi Sichuan pada 2008, yang menewaskan 70.000 orang, gereja mengirim kelompok untuk membantu di lapangan. Dengan beberapa perkiraan, sebanyak setengah relawan adalah orang Kristen evangelikal.

Beberapa orang Kristen berusaha untuk meningkatkan praktik bisnis dan memerangi korupsi juga. Satu kelompok usaha meminta para anggota untuk berjanji menaati “Sepuluh Perintah” perilaku yang baik. Meliputi tidak menyuap, tidak mengambil gundik, tidak menghindari pajak, dan tidak menganiaya karyawan. Zhao Xiao, seorang peneliti di Universitas Sains dan Teknologi di Beijing, menceritakan tentang seorang Kristen di Harbin yang kehilangan US$ 8.000.000 (Rp 101 miliar) di tahun pertama menerapkan prinsip-prinsip itu. Tetapi, sekarang ia menjadi pemimpin dalam industrinya.

Penghancuran Lagi

Satu Januari pagi tahun lalu di Hangzhou, pejabat Tiongkok muncul tiba-tiba di Gereja Gulou. Ini adalah bangunan abu-abu-batu besar tidak jauh dari Gereja Chongyi. Pendeta Gereja Gulou diberi tahu bahwa salib di bangunan mereka akan diturunkan.

Para pemimpin gereja tercengang. Itu pertama mereka pernah mendengar tentang rencana untuk menghapus salib. Pada waktu kemudian, mereka dan orang-orang Kristen di Tiongkok mendengar gereja resmi dan tidak resmi digerebek, hancur, atau dibongkar dalam kampanye yang telah berlangsung lebih dari satu tahun.

Gereja Gulou sendiri didirikan oleh misionaris Presbyterian di tahun 1880-an. Salib di atas menara yang sangat besar terletak di sebelah jalan raya layang terkenal. Salib itu menjadi simbol iman mereka, kata seorang pendeta yang menolak disebutkan namanya. Selama berbulan-bulan, para pemimpin Gulou menunda penurunan salib itu. Namun, pihak berwenang terus menyerang gereja-gereja , melucuti, atau menodai lebih dari 426, termasuk satu gereja yang didatangi Presiden Obama saat mengunjungi Beijing musim gugur lalu. Dalam banyak kasus, jemaat menangis mengepung gereja dan bentrok dengan polisi. Zhejiang sendiri telah menjadi ground zero dalam menumbuhkan bentrokan Tiongkok antara gereja dan negara.

Pada 7 Agustus pukul 5 sore, pihak berwenang kembali ke Gulou. Mereka memanggil kepala pendeta dan mengatakan bahwa pada pukul 22:00 salib akan diturunkan oleh derek. Tersiar kabar. Pendeta hanya mengatakan kepada satu orang karena ia sebenarnya dapat dipenjara karena membuat pertemuan tidak resmi. Gereja itu dikelilingi oleh jemaat yang berdoa dan meneriakkan “salib, salib, salib.”

“Kami merasa tidak berdaya,” kata seorang pendeta junior. “Kami mengatakan kepada mereka betapa pentingnya salib ini, tetapi mereka tidak mendengarkan.”

“Mereka dapat mengambil salib dari gereja kami,” ia menambahkan, “tetapi mereka tidak bisa mengambilnya dari hati kita.”

Penganiayaan terhadap orang-orang Kristen bukanlah hal yang baru di Tiongkok. Yang berbeda adalah seberapa luas dan sistematis penindasan dan bagaimana negara, untuk pertama kalinya, menyerang gereja-gereja resmi. Yang pasti, itu jelas pada musim panas bahwa Presiden Tiongkok Xi Jinping sedang melakukan tekanan keras kepada masyarakat sipil secara umum—seniman, pengacara, akademikus, serta orang-orang Kristen—untuk menegaskan pemikiran dan aturan ortodoks dari Partai Komunis.

“Partai tidak puas hanya membatasi orang orang-orang dalam satu aturan besar,” kata salah satu pengacara. “Mereka benar-benar ingin mengindoktrinasi.”

Sejauh ini, salib di Gereja Chongyi tetap utuh. Tapi, orang-orang Kristen evangelikal yang merasa sudah mengikuti kesopanan politik, tidak senang. “Orang-orang marah dan merasa dikhianati,” kata seorang relawan lokal yang tidak mau disebutkan namanya karena takut pembalasan. “Menurut saya, pemerintah tidak boleh melakukan hal ini.”

Mengapa pemerintah akan mengasingkan orang-orang percaya yang menganggap diri mereka sebagai orang yang setia pada Tiongkok tidaklah jelas. Banyak orang Kristen lokal pertama pikir itu kesalahan atau sesuatu yang direkayasa oleh otoritas lokal di Provinsi Zhejiang. Para pejabat mengatakan salib besar di dekat jalan raya yang membahayakan pengemudi.

Tapi seperti gereja-gereja lainnya yang kehilangan salib mereka, banyak yang jauh dari jalan raya, dan gereja-gereja resmi lainnya juga dibuldoser, merasakan ada perubahan. Satu gereja diam-diam menawarkan untuk membayar serangkaian denda, berpikir bahwa serangan itu sekadar tentang uang. “Kita tertipu pada awalnya,” kata seorang pendeta lokal. “Kemudian kita menemukan mereka tidak peduli tentang denda. Mereka pergi setelah salib dan memberi kesan mereka menikmatinya. “Tujuannya adalah untuk mempermalukan, katanya.

Dalam beberapa tahun terakhir, orang Kristen evangelikal di Tiongkok timur melakukan yang baik,” kata sang pendeta. “Tapi yang sekarang berubah. Kita akan mundur sekarang. Semuanya berubah dengan kepemimpinan baru di Beijing. Kita tahu apa yang terjadi. Kami bukan orang asing di sini.”

Zan Aizong, seorang wartawan lokal yang menjadi Kristen evangelikal, mengatakan pemerintah berusaha untuk menekan gereja dan iman tanpa menyebabkan kemarahan global. Pejabat “menggunakan sistem hukum,” katanya. “Mereka pergi setelah menurunkan salib dan simbol bangunan karena tidak akan menyebabkan kegemparan luar negeri. Mereka ingin mengubah kekristenan menjadi Kristen Tiongkok, yang dikendalikan oleh partai.”

Pada Agustus, di tengah penindasan di Zhejiang, partai mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya akan segera mengungkap sebuah teologi Kristen resmi. Wang Zuoan, kepala Departemen Agama Tiongkok, mengatakan kepada kantor berita Xinhua bahwa Kekristenan menyebar begitu cepat bahwa teologi baru dibutuhkan untuk menghindari masalah. “Pembangunan teologi Kristen Tiongkok harus beradaptasi dengan kondisi nasional Tiongkok dan mengintegrasikan dengan budaya Tiongkok,” katanya.

Saat serangan terus berlanjut, para pemimpin gereja berdebat bagaimana menanggapi—apakah akan menantang publik tindakan keras atau berusaha naik itu, argumen adalah bahwa pemerintah bisa melakukan hal-hal yang jauh lebih buruk jika diprovokasi.

“Banyak orang Kristen takut pemerintah,” kata Ling Cangzhou, seorang blogger Kristen di Beijing. “Di Tiongkok Anda mengandalkan pemerintah untuk pekerjaan, posisi, untuk uang. Keluarga dan kerabat yang terkena dampak. Pembangkang tidak mendapatkan promosi atau kenaikan gaji.”

Gereja Makin Menyatu

Salah satu efek dari penganiayaan baru agama di Tiongkok adalah bahwa hal itu membawa sayap resmi dan tidak resmi dari Gereja Protestan lebih dekat. Selama bertahun-tahun, kedua belah pihak sering bentrok saudara: Pada dasarnya, gereja rumah pribadi melihat gereja-gereja Tiga-Diri sebagai kompromi partai. Gereja resmi sering melihat gereja rumah sebagai kultus nakal.

Namun sekarang, karena mereka berbagi ancaman umum dan saat orang-orang yang lebih muda Kristen memiliki sedikit pengetahuan tentang kesenjangan sejarah, kedua sayap mulai berkumpul, memperkuat gerakan akar rumput yang sudah berlangsung selama beberapa waktu.

Jemaat sedang diperkenalkan pada kekristenan di gereja-gereja resmi dan kemudian pindah ke gereja rumah untuk pengalaman yang lebih dalam mempelajari Alkitab dan khotbah. Pada gilirannya, gereja rumah menjadi kurang rahasia dan menjangkau untuk memengaruhi gereja-gereja resmi. “Ada kerja sama yang berkembang tapi tenang di antara para pendeta Tiga-Pribadi yang tidak diinvestasikan dalam lembaga—yang lebih peduli gereja dan misi dasar,” kata Vala.

Yang pasti, perbedaan nyata tetap antara kedua belah pihak. Pendeta Tiga-Pribadi dilatih di sekolah-sekolah teologi diawasi partai. Zan, misalnya, menghadiri satu sekolah teologi dan mengatakan bahwa konsep mantan Presiden Hu Jintao dari “masyarakat harmonis” diajarkan sebagai sesuatu yang ditekankan dalam khotbah. Zan menyebutnya sebagai “propaganda.” “Gereja resmi tidak diperbolehkan untuk menyentuh mata pelajaran seperti akhir zaman atau eskatologi,” katanya. “Banyak pemberitaan adalah tentang bagaimana menjadi baik dan penuh kasih dan etika, yang baik-baik saja. Tapi mereka sering antiseptik dan kurang radikal.”

Banyak pertemuan rumah berlangsung sepanjang hari, sedangkan gereja-gereja resmi memiliki layanan 60- 90 menit. “Gereja Tiga-Pribadi terlalu besar,” kata seorang musisi dari Anhui yang mengawalinya di gereja resmi, tetapi pindah. “Anda bisa tersesat di dalamnya. Gereja yang lebih kecil lebih seperti rumah, seperti kasih yang Anda rasakan di rumah.”

Di Beijing, Gereja resmi Chongwenmen dekat stasiun kereta api, ditemukan dengan berjalan kaki di antara gang-gang sempit dan toko-toko mie. Sebuah gereja tua dan sedikit berderit. Ibadah berjalan baik dan orang percaya terlihat taat. Di seberangnya, gereja resmi Gereja Haidian berdiri megah dengan struktur modern putih besar berteknologi tinggi. Di luar ada sebuah band dan paduan suara anak-anak dan dengan topi bertulis “I [jantung] Yesus”. Orang menunggu dalam antrean untuk ikut ibadah.

Satu gereja Kalvari “bawah tanah” terasa jauh berbeda. Terletak di ruang seminar di gedung perkantoran, tampak kurang teroganisir, tetapi lebih intim. Pendetanya dari Taiwan dan tidak akan berbicara dengan wartawan. Namun, dari tiga gereja itu semua berfokus pada agama Kristen sebagai praktik hidup dan bukan filsafat, dan Alkitab sebagai wahyu yang maknanya membawa perubahan dan penebusan.

Selama pelayanan di gereja-gereja ini bulan Agustus, saat kampanye lintas penghapusan intensif, pendeta berbicara secara terbuka tentang “makna salib.” Nyanyian Rohani dinyanyikan termasuk “Laskar Kristen maju ...”  (Tamat)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home