Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 12:11 WIB | Minggu, 07 September 2014

Pasukan Kurdi Kuasai Wilayah Penting dari NIIS

Militan ISIS/NIIS berbaris di Tel Abyad, Suria. (Foto: Reuters)
IRAK, SATUHARAPAN.COM - Pasukan Kurdi di Irak utara berhasil hari Sabtu (6/9) berhasil merebut kembali daerah pegunungan yang strategis dan penting dari penguasaan militan Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS), dengan bantuan serangan udara AS. 
 
Pegunungan Zartak menghadap dataran yang membentang ke Mosul, kota yang direbut NIIS Juni lalu. 
 
Dibantu kekuatan udara AS perlahan-lahan pasukan Persmerga Kurdi kembali menguasai wilayah itu setelah sebelumnya serangan kilat militan NIIS juga menguasai kota Mosul.
 
Namun pasukan Kurdi menyatakan tidak akan menyerang Mosul sendirian tanpa bantuan AS, Mosul adalah kota utama kelompok Sunni. 
 
Berdasar laporan BBC, pegunungan Zartak direbut kembali dalam waktu singkat, dalam pertempuran sengit yang membunuh lebih dari 30 militan NIIS. 
 
Pasukan Kurdi mengatakan serangan udara AS telah membuat "perbedaan besar". 
 
Komandan pasukan komando elit Kurdi yang memimpin serangan, Gene Aziz Oweisi, mengatakan bahwa penguasaan Zartak sangatlah penting, tidak hanya untuk pertahanan Kurdistan. 
 
"Untuk Irak itu penting juga karena langkah menuju penguasaan kembali kota Mosul," katanya. 
 
Pekan lalu, media pemerintah Irak mengatakan komandan militer senior Negara Islam Abu Alaa al-Irak dan asisten pemimpin NIIS Abu Bakr al-Baghdadi telah terbunuh dalam serangan udara di Mosul.
 
NIIS, yang juga dikenal sebagai ISIS, telah menguasai sebagian daerah Irak dan Suriah dalam beberapa bulan terakhir, menyatakan wilayah yang dikuasainya adalah sebuah "khalifah". 
 
PBB dan kelompok hak asasi manusia menuduh NIIS melakukan kekejaman, termasuk pembunuhan massal etnis dan agama minoritas. (bbc.com)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home