Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 07:11 WIB | Rabu, 09 November 2016

Pasukan Kurdistan Irak Rebut Kembali Kota Dekat Mosul

Ilustrasi. Warga Irak berbicara dengan saudara mereka yang mengungsi dari Mosul saat datang mengunjungi mereka di sebuah kamp di wilayah Khazir antara Arbil dan Mosul pada 5 November 2016. (Foto: AFP/Bulent Kilic)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM – Pasukan Kurdistan Irak berhasil merebut kembali Kota Bashiqa, salah satu wilayah terakhir di timur Kota Mosul yang diduduki kelompok ekstremis ISIS, menurut keterangan seorang pejabat keamanan, Selasa (8/11).

Gerilyawan peshmerga Kurdistan melancarkan operasi di Bashiqa sehari sebelumnya dengan bergerak dari tiga penjuru mata angin saat operasi untuk merebut kembali Mosul, yang menjadi basis terakhir ISIS di Irak, memasuki pekan keempat.

Bashiqa berhasil sepenuhnya dikuasai pasukan Kurdistan, ujar Jabbar Yawar, sekretaris jenderal Kementerian Kurdistan Bidang Peshmerga.

“Pasukan kami masih membersihkan ranjau dan menyisir kota,” ujar Yawar.

“Pada pagi hari, sekelompok teroris bersembunyi di dalam rumah dan mereka berusaha melarikan diri tetapi 13 di antaranya berhasil ditumpas,” ujar Yawar.

Operasi untuk merebut kembali Mosul dimulai pada 17 Oktober lalu. Pasukan keamanan Irak bergerak menuju kota tersebut dari utara, timur dan selatan. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home