Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 13:57 WIB | Kamis, 14 Agustus 2014

Paul McCartney Lelang Gitar untuk Penyelamatan Gajah Afrika

Paul McCartney Lelang Gitar untuk Penyelamatan Gajah Afrika
Sir Paul McCartney. (Foto: Alexander Drozdov/AFP/Getty Images)
Paul McCartney Lelang Gitar untuk Penyelamatan Gajah Afrika
Paul McCartney tampil dengan gitar Martin D-28. (Foto: www.5f.biglobe.ne.jp)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Sir Paul McCartney menjual gitar kesayangannya untuk lembaga konservasi yang menyelamatkan gajah Afrika.

Martin D-28, gitar untuk pemain kidal (Paul McCartney kidal, Red), yang telah dihiasi tanda tangan McCartney, ditawarkan dilelang melalui eBay.com, Rabu (13/8).

Hasil dari penjualan akan diserahkan kepada Nature Conservancy yang menangani African Elephant Initiative. Penawaran awal dimulai di angka 10.000 dolar AS (lebih kurang Rp 116.950.000).

Di samping tanda tangannya, mantan bintang Beatles yang dikenal sebagai aktivis pencinta binatang itu menggoreskan kalimat, "Gitar ini menyelamatkan gajah."

David Bank, Direktur Nature Conservancy untuk Program Afrika, mengatakan, "Dukungan Sir Paul dengan gitar Martin-nya sungguh merupakan kehormatan. Ini kaliber dari kolaborasi yang akan memberikan hasil beda untuk membantu mengakhiri krisis perburuan gajah terburuk dalam sejarah."

Martin D-28 hanya salah satu dari sekian gitar kesayangan McCartney. Gitar-gitar lain yang menemani aksi panggungnya di antaranya Hofner 500/1, Rickenbacker 4001S, Epiphone Texan, Eiphone Casino, Wal 5-String Bass, Gibson Les Paul, dan Fender Jazz Bazz.

Di luar kesibukannya bermusik, McCartney memang dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup. Ia menjadi anggota aktif Save The Arctic, lembaga yang mengkampanyekan penyelamatan kawasan Arktik, bersama Uskup Afrika Selatan Desmond Tutu dan sebagian penerima Penghargaan Nobel.

Perjalanan kariernya di musik, selain ditandai dengan Penghargaan Grammy dan BRIT Award, penghargaan tertinggi di dunia musik di Amerika dan Inggris, juga ditandai dengan pengakuan internasional atas karyanya. Selain dari negara kelahirannya, Inggris, ia menerima penghargaan Gershwin Prize, dari Pemerintah Amerika melalui Presiden Barack Obama pada 2010, atas kontribusinya di bidang musik. Pemerintah Prancis melalui Presiden Francois Hollande juga memberikan Legion d’Honneur untuk kontribusinya di musik, pada 2012. (contactmusic.com/wikipedia.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home