Loading...
RELIGI
Penulis: Francisca Christy Rosana 18:28 WIB | Selasa, 07 Oktober 2014

Paus Fransiskus: Tak Ada Masalah yang Tak Bisa Dibicarakan

Paus Fransiskus yang terpilih untuk memimpin Gereja Katolik Roma pada 2013, pada Sabtu (4/10) memimpin misa umat di Vatikan untuk mempersiapkan Sinode dengan fokus utama pada isu-isu yang berkaitan dengan kehidupan keluarga. (Foto: bbc.com)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM – “Bicaralah dengan jelas, jangan berpikir masalah itu tidak bisa dibicarakan,” kalimat ini dikemukakan oleh Paus Fransiskus dalam Sinode yang digelar di Vatikan Senin (6/10) waktu setempat. Dalam pertemuan yang membahas tentang keluarga, Paus meminta peserta berbicara mengungkapkan pendapatnya secara bebas dalam kesempatan tersebut. Paus ingin setiap pendapat diperhitungkan dalam Sinode.

Selain berbicara dengan jelas, Paus juga meminta para uskup untuk mendengarkan pendapat orang lain secara terbuka dan dengan rendah hati.

“Pada saat yang sama, kita harus mendengarkan dengan rendah hati dan menerima pendapat saudara-saudara kita dengan hati yang terbuka. Dua sikap tersebut adalah praktik sinodalitas.”

Sinode merupakan sidang pimpinan Gereja Katolik Roma yang dihadiri oleh lebih dari 200 uskup dan kardinal. Sinode pada kesempatan kali ini membicarakan masalah keluarga, terkait aborsi, kontrasepsi, homoseksualitas, dan perceraian. Sinode kali ini juga mengundang umat Katolik awam untuk bertukar pendapat terkait isu-isu keluarga.

Dalam kesempatan ini, dihadirkan 13 pasangan yang telah menikah. Mereka akan berbicara tentang keluarga dan menyarankan langkah-langkah untuk menghadapi tantangan yang berbeda, seperti persiapan perkawinan, partisipasi pastoral pasangan bercerai, pendidikan anak-anak, kekerasan dalam rumah tangga, dan poligami. (w2.vatican.va)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home