Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 11:09 WIB | Selasa, 18 Oktober 2016

Paus Fransiskus Tekankan Nilai Penting Generasi Lanjut Usia

Paus Fransiskus. (Foto: nbcnews.com)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM – Paus Fransìskus membicarakan nilai-nilai penting kehadiran generasi lanjut usia. “Generasi lanjut usia adalah akar dan memori dari setiap orang yang hidup di zaman modern. Mereka adalah harta berharga,” kata Paus Fransiskus saat melakukan audiensi di hadapan 7.000 kaum lanjut usia di Ruang Paus Paulus VI di Vatikan pada 15 Oktober, seperti diberitakan Catholic Herald, hari Senin (17/10).

Paus menyayangkan generasi lanjut usia kemungkinan dapat terpinggirkan di dalam masyarakat modern yang mengenal budaya instan atau “sekali pakai”. 

“Acara ini diperlukan untuk menentang budaya yang berbahaya, yang meminggirkan orang tua, mempercayai mereka sebagai tidak produktif,” kata Paus Fransiskus.

Paus mengatakan gereja memandang generasi lanjut usia dengan kasih sayang, penuh pengakuan, dan penghargaan.

“Generasi lanjut usia merupakan bagian penting dari komunitas Kristen dan masyarakat,” kata dia.

Dia mendesak generasi lanjut usia untuk lebih sering berkomunikasi dengan anak dan cucu. “Biarkan anak-anak sering mengajukan pertanyaan,” kata dia.

“Dalam dunia yang mementingkan kekuatan dan penampilan dan menjadi sebuah hal yang ideal, generasi lanjut usia harus menjadi saksi dari nilai-nilai kehidupan yang tidak ternilai saat ini,” kata dia.

“Generasi lanjut usia harus menjadi saksi bahwa walau dalam situasi sulit, generasi muda diharap tidak kehilangan iman kepada Tuhan,” kata dia.

Acara itu diselenggarakan sebagai bagian memperingati Grandparent’s Day atau Hari Lanjut Usia, yang diselenggarakan di Italia pada 2 Oktober. (catholicherald.co.uk)  

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home