Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 23:09 WIB | Sabtu, 22 Februari 2014

Paus Fransiskus Tunjuk Paskalis Bruno Jadi Uskup Bogor

Paus Fransiskus Tunjuk Paskalis Bruno Jadi Uskup Bogor
Uskup Paskalis Bruno Syukur OFM (Foto: ofm.or.id)
Paus Fransiskus Tunjuk Paskalis Bruno Jadi Uskup Bogor
Suasana di Gedung SICC, Sentul City, Bogor saat pembacaan surat pengangkatan dari Tahta Suci oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia. (Foto: Melki Pangaribuan)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM - Uskup Agung Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM ditahbiskan sebagai Uskup Keuskupan Bogor oleh penahbis utama, Emeritus Mgr. Michael Cosmas Angkur, OFM, penahbis satu Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Agung Jakarta, dan penahbis kedua Mgr. Hubertus Leteng, pada Sabtu (22/2) di Gedung SICC, Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Nuntius atau Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Antonio Guido Filipazzi membacakan Surat Pengangkatan dari Tahta Suci, Paus Fransiskus dalam dua bahasa, Latin Roma dan bahasa Indonesia.

"Terdorong oleh cinta Kristus dan diilhami oleh Roh Ilahi, demi keselamatan umat manusia, para Rasul pergi mewartakan Sabda Tuhan. Kepada Putera kekasih Paskalis Bruno Syukur, anggota Ordo Saudara-saudara Dina, yang sampai kini adalah Definitor General Ordo, Uskup terpilih Takhta Keuskupan Bogor, selamat dan berkat apostolik," kata Nuntius Mgr. Antonio Guido Filipazzi.

"... atas anjuran Kongregrasi untuk Penginjilan Bangsa-bangsa, dengan kewibawaan apostolik kami, kami mengangkat Anda menjadi Uskup Keuskupan Bogor dengan hak-hak yang diberikan dan kewajiban-kewajiban yang dibebankan oleh jabatan tersebut," kata Dubes Vatikan membacakan Bulla dari Fransiskus, Uskup, Hamba Para Hamba Allah, tertanggal 21 November 2013.

Dengan penahbisan ini maka Uskup Paskalis Bruno resmi menggantikan Emeritus Mgr. Michael Cosmas Angkur yang sudah selama 20 tahun lebih menjadi Uskup Agung di tanah pasundan.

Ratusan ribu umat Katolik dari Keuskupan Bogor memenuhi gedung SICC mengikuti Tahbisan ini. Selain kehadiran Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, hadir pula Emeritus Kardinal Indonesia, 41 Uskup dari seluruh Indonesia, ratusan imam, menteri dan konsulat negara tetangga, serta biarawan-biarawati.

Wali Kota Bogor terpilih, Bimo, Muspida Kabupaten dan Kota Bogor, Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat, Uskup-uskup dari negara tetangga, seperti Uskup Australia, Uskup Filipina. Selain itu, pemimpin NU Bogor, Pemimpin Pesantren Kab dan Kota Bogor, Pendeta Aras Bogor, Komandan Polri dan TNI Kota dan Kabupaten Bogor, Ketua MUI Provinsi Banten, Bimas Katolik Kemenag RI ikut hadir menyaksikan.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home