Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 04:13 WIB | Senin, 11 November 2013

Paus Minta Umat Katolik Membantu Korban Topan Haiyan

Paus Fransiskus mengirimkan doa bagi korban topan Haiyan di Filipina dari Vatikan. (Foto: dari globalnation.inquirer.net)
VATIKAN, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus pada Minggu (10/11) meminta pada semua umat Katolik memberikan bantuan nyata kepada ratusan ribu korban yang kehilangan tempat tinggal akibat topan Haiyan yang melanda Filipina, juga mendoa mereka.
Lebih dari 60.000 orang bergabung dengan Paus yang berdoa bagi semua korban di misa Minggu di Lapangan Santo Petrus, sehari setelah ia mengeluarkan tweet solidaritas untuk negara Katolik Asia itu.
Korban meninggal akibat topan dahsyat yang menyapu seluruh kota-kota di Filipina bisa melambung jauh di atas 10.000, pihak berwenang menyatakan kekawatirannya Minggu (10/11), sehingga dapat menjadi bencana terburuk selama ini di Filipina.
"Sayangnya, ada banyak, banyak korban dan kerusakan yang besar," kata kepala Gereja Katolik Roma, dia berbicara dari jendela lantai tiga istana kepausan Vatikan.
"Mari kita coba untuk memberikan bantuan konkret," ucap Paus.
Sekretaris Negara Pietro Parolin, sebagai tangan kanan Paus, mengatakan dalam sebuah pesan kepada Presiden Benigno Aquino bahwa Paus Fransiskus "sangat sedih oleh kerusakan dan korban jiwa yang disebabkan oleh Haiyan (dan) mengungkapkan solidaritas sepenuh hati dengan semua orang yang terkena dampak badai ini dan sesudahnya."
"Dia sangat sadar mereka yang meratapi hilangnya orang yang mereka cintai dan mereka yang telah kehilangan rumah mereka," kata pesan tersebut.
"Dalam doa bagi seluruh rakyat Filipina, Bapa Suci juga memberi semangat pada otoritas di Filipina juga tim penyelamat atas bantuan kepada para korban badai ini." (globalnation.inquirer.net)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home