Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 23:52 WIB | Selasa, 12 November 2013

PBB Ajukan Bantuan Senilai Rp 3,45 Triliun untuk Filipina

Korban Topan Haiyan di Tacloban Filipina. (Foto: dari dailymail.co.uk)

MANILA, SATUHARAPAN.COM - PBB hari Selasa (12/11) mulai mengajukan bantuan hampir sepertiga dari satu miliar dolar Amerika untuk membantu para korban topan super yang menghantam Filipina pekan lalu.

“Kami meluncurkan rencana aksi yang berfokus pada makanan, kesehatan, sanitasi, pengungsian, pembersihan reruntuhan dan juga perlindungan area yang paling rentan, dengan pemerintah dan saya sangat berharap para donatur kami akan bermurah hati,” kata kepala badan kemanusiaan PBB Valerie Amos kepada reporter di Manila.

“Rencana tersebut bernilai 301 juta dolar Amerika (sekitar Rp 3,45 triliun).”

Amos memuji reaksi komunitas internasional sejak Topan Super Haiyan menghantam pada Jumat, namun mengatakan banyak yang harus dilakukan untuk membantu mereka yang menjadi korban bencana, yang diperkirakan PBB telah merenggut 10.000 nyawa.

“Kami telah melihat respons internasional berkat gambar-gambar mengerikan yang dilihat banyak orang, terutama dalam layar televisi mereka,” ujarnya.

“Kita tahu bahwa mereka tengah dibantu saat ini, tapi kita juga tahu bahwa penetapan skala bencana harus terus dilanjutkan.”

“Rencana aksi tersebut menetapkan apa yang dibutuhkan di sektor yang berbeda.”

“Pada poin sekarang ini sangat sulit untuk mengetahui apa yang sangat dibutuhkan karena sangat sulit untuk menjangkau beberapa area yang terkena bencana tersebut.” (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home