Loading...
HAM
Penulis: Melki Pangaribuan 16:48 WIB | Kamis, 22 Oktober 2015

PBB akan Bantu Pulangkan 135.000 Pengungsi Somalia

Anak-anak pengungsi Somalia saat menyambut kunjungan Sekretrais Jenderal PBB, Ban Ki-Moon, ke Juba, Sudan, yang telah melindungi sekitar 20.000 warga sipil yang mengungsi akibat pertempuran antar pasukan dengan pemberontak. (Foto: unmultimedia.org)

BRUSSEL, SATUHARAPAN.COM - Kepala badan urusan pengungsi Perserikatan Bangsa-bangsa, Antonio Guterres, hari Rabu (21/10), mengumumkan rencana pemulangan 135.000 pengungsi konflik Somalia dan menyerukan kepada para donor untuk menyumbang 500 juta dolar Amerika (setara Rp 6,8 triliun).

“Ini merupakan kewajiban masyarakat dunia untuk sepenuhnya mendukung Somalia dalam rangka menyukseskan pemulangan para pengungsi Somalia,” kata Guterres dalam konferensi di Brussel.

Dia menegaskan dalam konferensi tersebut, yang dihadiri oleh kepala urusan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini dan para pejabat senior Kenya dan Somalia, bahwa pengungsi Somalia merupakan bagian dari ratusan ribu imigran yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk menyeberangi Laut Mediterania demi ke Eropa.

Uni Eropa menjanjikan dana 60 juta euro (setara Rp 925,2 miliar) kepada UNHCR, sebagai upaya menangani krisis imigran dengan meminta negara asal pengungsi di Timur Tengah dan Afrika untuk membawa pulang para warga negaranya.

Perang dan pergolakan di Somalia menyebabkan lebih dari dua juta warga negara tersebut mengungsi. Sekitar 420.000 di antaranya berlindung ke Kenya sementara 250.000 orang lainnya mengungsi di Ethiopia, sementara pengungsi dalam jumlah yang hampir sama berada di Yaman, menurut laporan UNHCR.

UNHCR mengatakan organisasi tersebut berhasil memulangkan 5.300 pengungsi Somalia sejak akhir 2014 melalui kerja sama dengan Kenya dan Somalia. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home