Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 13:35 WIB | Rabu, 28 Oktober 2015

PBB: Arab Saudi Serang RS MSF di Yaman

WHO memperkirakan setidaknya 51 rumah sakit rusak atau hancur sebagian selama enam bulan terakhir karena konflik yang berkepanjangan di Yaman. Gambar adalah salah satu RS yang rusak. (Foto: WHO Yaman)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Ban Ki-moon, mengecam keras serangan udara yang dilakukan koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap Rumah Sakit Hayadeen di Provinsi Sa'dah, Yaman.

Rumah sakit itu dikelola oleh Médecins Sans Frontières (MSF / Dokter Tanpa Batas) yang juga didukung oleh Dana PBB untuk Anak-anak (UNICEF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Serangan pada hari Selasa (27/10)  itu mengakibatkan beberapa orang cedera dan penghancuran perlengkapan serta fasilitas medis, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara Sekjen PBB di New York.

Sekjen mengatakan bahwa "rumah sakit dan tenaga medis secara eksplisit dilindungi oleh hukum humaniter internasional." Dia mengingatkan semua pihak yang terlibat "untuk menghormati kewajiban mereka di bawah hukum hak asasi manusia internasional dan hukum kemanusiaan internasional untuk mencegah serangan terhadap warga sipil dan objek sipil."

Dalam pernyataannya, Ban menyerukan dilakukannya "penyelidikan secepatnya, secara efektif dan tidak memihak untuk memastikan akuntabilitas." Dia mendesak semua pihak dalam konflik di Yaman segera menghentikan semua operasi, termasuk serangan udara. (un.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home