Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:41 WIB | Kamis, 17 Agustus 2023

PBB: ICC Harus Adili Para Pemimpin Taliban, Karena Langgar Hak Perempuan

Gordon Brown, Utusan Khusus PBB untuk Pendidikan Global dan mantan Perdana Menteri Inggris, mengadakan konferensi pers di markas besar PBB, pada hari Rabu, 16 September 2016. Brown mengatakan pada konferensi pers virtual PBB pada peringatan kedua pengambilalihan Taliban atas Afghanistan pada hari Selasa, 15 Agustus 2023, bahwa para penguasanya bertanggung jawab atas “pelanggaran hak-hak perempuan dan anak perempuan yang paling mengerikan, kejam, dan tidak dapat dipertahankan di dunia saat ini.” (Foto: dok. AP/Bebeto Matthews)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan Kriminal Internasional (CC) harus mengadili para pemimpin Taliban atas kejahatan terhadap kemanusiaan karena menolak pendidikan dan pekerjaan bagi anak perempuan dan perempuan Afghanistan, kata utusan khusus PBB untuk pendidikan global.

Gordon Brown mengatakan pada konferensi pers virtual PBB pada peringatan kedua pengambilalihan Taliban atas Afghanistan pada hari Selasa (15/8) bahwa para penguasanya bertanggung jawab atas "pelanggaran hak-hak perempuan dan anak perempuan yang paling mengerikan, kejam dan tidak dapat dipertahankan di dunia saat ini."

Mantan perdana menteri Inggris itu mengatakan dia telah mengirimkan pendapat hukum kepada jaksa ICC, Karim Khan, yang menunjukkan penolakan pendidikan dan pekerjaan adalah “diskriminasi jender, yang harus dianggap sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan, dan harus dituntut oleh Pengadilan Kriminal Internasional. ”

Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus 2021, selama beberapa pekan terakhir penarikan pasukan Amerika Serikat dan NATO setelah 20 tahun perang. Seperti yang mereka lakukan selama pemerintahan mereka sebelumnya di Afghanistan dari tahun 1996 hingga 2001, Taliban secara bertahap menerapkan kembali interpretasi keras mereka terhadap hukum Islam, atau Syariah, melarang anak perempuan dari sekolah di atas kelas enam dan perempuan dari sebagian besar pekerjaan, ruang publik dan pusat kebugaran dan baru-baru ini menutup salon kecantikan.

Brown mendesak negara-negara Muslim besar untuk mengirim delegasi ulama ke kota Kandahar di Afghanistan selatan, rumah pemimpin tertinggi Taliban, Hibatullah Akhundzada, untuk menyatakan bahwa larangan pendidikan dan pekerjaan perempuan “tidak memiliki dasar dalam Al Quran atau agama Islam”,  dan untuk mencabutnya.

Dia mengatakan dia percaya “ada perpecahan di dalam rezim,” dengan banyak orang di kementerian pendidikan dan di sekitar pemerintah di ibu kota, Kabul, yang ingin melihat hak anak perempuan atas pendidikan dipulihkan. “Dan saya yakin para ulama di Kandahar telah berdiri teguh menentangnya, dan memang terus mengeluarkan instruksi.”

Juru bicara utama Taliban, Zabihullah Mujahid, mengesampingkan pertanyaan tentang pembatasan pada anak perempuan dan perempuan dalam wawancara Associated Press pada hari Senin malam di Kabul, dengan mengatakan status quo akan tetap ada. Dia juga mengatakan Taliban memandang pemerintahan mereka di Afghanistan sebagai tanpa akhir, menarik legitimasi dari hukum Islam dan tidak menghadapi ancaman yang berarti.

Sekolah Bawah Tanah

Brown mengatakan Taliban harus diberi tahu bahwa jika anak perempuan diizinkan untuk pergi ke sekolah menengah dan universitas lagi, bantuan pendidikan ke Afghanistan, yang dipotong setelah larangan diumumkan, akan dikembalikan.

Dia juga menyerukan untuk memantau dan melaporkan pelecehan dan pelanggaran hak-hak perempuan dan anak perempuan, sanksi terhadap mereka yang bertanggung jawab langsung atas larangan tersebut termasuk oleh Amerika Serikat dan Inggris, dan pembebasan mereka yang dipenjara karena membela hak-hak perempuan dan anak perempuan.

Brown mengatakan 54 dari 80 dekrit yang dikeluarkan oleh Taliban secara eksplisit menargetkan perempuan dan anak perempuan dan mencabut hak-hak mereka, yang terbaru melarang mereka mengikuti ujian universitas dan mengunjungi tempat-tempat umum termasuk kuburan untuk memberi penghormatan kepada orang yang dicintai.

Dia mengumumkan bahwa PBB dan organisasi lain akan mensponsori dan mendanai pembelajaran internet untuk anak perempuan dan mendukung sekolah bawah tanah serta pendidikan untuk anak perempuan Afghanistan yang terpaksa meninggalkan negara yang tidak ed bantuan untuk pergi ke sekolah.

“Masyarakat internasional harus menunjukkan bahwa pendidikan bisa sampai ke rakyat Afghanistan, terlepas dari larangan pemerintah Afghanistan,” katanya.

Brown mengatakan ada sejumlah organisasi yang mendukung sekolah bawah tanah dan ada inisiatif baru dalam beberapa minggu terakhir untuk menyediakan kurikulum melalui ponsel, yang populer di Afghanistan.

Dia tidak akan membahas detail tentang kekhawatiran akan keselamatan siswa dan guru, "tetapi tidak ada keraguan bahwa anak perempuan masih berusaha untuk belajar, terkadang mempertaruhkan banyak hal untuk dapat melakukannya."

Selama 20 tahun Taliban tidak berkuasa, Brown mengatakan 6 juta anak perempuan mengenyam pendidikan, menjadi dokter, pengacara, hakim, anggota parlemen dan menteri kabinet.

Saat ini, katanya, 2,5 juta anak perempuan ditolak pendidikannya, dan tiga juta lainnya akan meninggalkan sekolah dasar dalam beberapa tahun mendatang, “jadi kita kehilangan bakat seluruh generasi.”

Brown mendesak tindakan dan tekanan global, bukan hanya kata-kata, untuk meyakinkan Taliban untuk memulihkan hak-hak perempuan dan anak perempuan.

"Kami belum melakukan yang cukup dalam dua tahun terakhir," katanya. “Saya tidak ingin satu tahun lagi berlalu ketika anak perempuan di Afghanistan dan perempuan di sana merasa bahwa mereka tidak berdaya karena kita belum berbuat cukup untuk mendukung mereka.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home