Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 10:52 WIB | Selasa, 25 Februari 2014

PBB Imbau Ukraina Pelihara Integritas Teritorial

Ban Ki-moon. (Foto: bbc.co.uk)

PBB, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Senin (24/2) mengimbau Ukraina untuk memelihara “persatuan dan integritas teritorial” di sana. Dia juga mengirimkan seorang utusan ke Kiev, kata juru bicaranya pada Senin (24/2).

Ban menegaskan kembali permohonan kepada semua pihak untuk menahan diri untuk tidak melakukan aksi kekerasan dan “menegakkan prinsip-prinsip demokrasi dan HAM” saat mereka berupaya menciptakan suasana kondusif menjelang pemilihan yang bebas dan adil, kata juru bicara Martin Nesirky.

“Sekretaris jenderal, menyerukan proses politik inklusif yang mencerminkan aspirasi semua rakyat Ukraina dan mempertahankan kesatuan dan integritas teritorial Ukraina.”

Nesirky menyatakan bahwa Ban mengirimkan penasihat senior Robert Serry ke Kiev untuk bertemu dengan ketua parlemen Oleksandr Turchynov.

Serry menyampaikan komitmen Ban untuk membantu “proses pembentukan pemerintahan yang dipimpin Ukraina”, katanya.

Turchynov ditunjuk sebagai pemimpin sementara Ukraina setelah penggulingan presiden Viktor Yanukovich setelah tiga bulan protes dan pertumpahan darah pekan lalu yang merenggut hampir 100 nyawa. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home