Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 20:19 WIB | Jumat, 03 Maret 2023

Warga Ukraina Ditekan untuk Mencatatkan Bayi sebagai Orang Rusia Selama Pendudukan

Oleksii Markelov dan Natalia Lukina, yang melahirkan bayi Kateryna selama pendudukan Rusia, berdiri di samping rumah mereka bersama putra tertua Natalia Andrii di tengah invasi Rusia ke Ukraina, di Antonivka, wilayah Kherson, Ukraina, 21 Februari 2023. (Foto: dok. Reuters)

KHERSON, SATUHARAPANH.COM - Saat cucunya lahir, Olha Lukina, 65 tahun, bergegas ke kantor catatan sipil. Itu adalah salah satu yang terakhir wilayah masih memberikan kewarganegaraan Ukraina untuk bayi yang baru lahir di selatan kota Kherson yang saat itu berada di bawah pendudukan Rusia.

Bayi Kateryna menjadi warga negara terbaru Ukraina hari itu di bulan Mei, lahir di salah satu masa tergelap negara itu.

Belakangan dalam pendudukan, Rusia mewajibkan semua bayi baru lahir untuk menerima kewarganegaraan Rusia, kata Leonid Remyga, kepala dokter di Rumah Sakit Klinik Kota Kherson, satu-satunya rumah sakit yang berfungsi di kota itu.

Rusia menduduki Kherson selama delapan bulan tahun lalu sampai tentara Ukraina merebutnya kembali pada bulan November. Banyak penduduk awalnya kembali, tetapi Kherson sekarang lebih seperti kota hantu karena penembakan oleh pasukan Rusia di seberang Sungai Dnipro.

Di awal pendudukan, orang tua Ukraina menghadapi tekanan untuk menerima kewarganegaraan Rusia untuk bayi mereka yang baru lahir. Menurut orang tua Remyga dan Kateryna - Natalia Lukina dan Oleksii Markelov - ini termasuk melarang mereka membagikan popok dan makanan bayi secara gratis.

Ini adalah contoh bagaimana penduduk kota-kota di timur dan selatan Ukraina yang direbut pasukan Rusia harus menghadapi perubahan mendadak dan terkadang berbahaya dalam aturan dan tuntutan yang dibuat oleh penjajah.

“Ketika kami meminta popok, orang Rusia memberi tahu kami, 'Jika Anda datang tanpa akta kelahiran Rusia, kami tidak akan memberi Anda popok',” kata Natalia Lukina, 42 tahun.

Sebagian besar orang tua dari anak kecil, dengan pendapatan kecil selama perang, menerima popok gratis dari Rusia, kata mitra Lukina, Oleksii Markelov. "Tidak ada uang sepeser pun." Reuters tidak dapat secara independen menguatkan pernyataan mereka.

Dinas intelijen Rusia, FSB, yang membantu menegakkan aturan di wilayah pendudukan di Ukraina, tidak menanggapi permintaan komentar di akun warga.

Lukina menolak mengubah akta kelahiran putrinya, yang lahir dua bulan setelah Rusia merebut Kherson. Reuters telah melihat dokumentasi Ukraina, Kateryna, dicap oleh kementerian kehakiman Ukraina. Kementerian tidak menanggapi permintaan komentar tentang situasi di Kherson selama pendudukan Rusia.

"Kami memberi tahu (Rusia) bahwa bayi itu lahir di Ukraina dan Ukraina, bukan Rusia," kata Lukina dalam sebuah wawancara di rumahnya yang sempit, di mana dia dan Markelov tinggal bersama ketiga anak mereka dan ibunya yang sudah lanjut usia, Olha, tanpa listrik atau air.

Rumah itu hanya berjarak 1,5 kilometer (satu mil) dari sisi Dnipro yang dikuasai Rusia, dari mana pasukan menembakkan artileri ke Kherson setiap hari.

Ancaman dan Propaganda Rusia

Dokter Remyga mengatakan dia masih menerapkan undang-undang Ukraina di awal pendudukan, sampai tentara memberhentikannya dari pekerjaannya pada 7 Juni.

“Mereka melakukan kampanye propaganda, bahwa Rusia ada di sini selamanya,” kata Remyga kepada Reuters di rumah sakit. “Tapi kemudian petugas FSB akan mengancam jika (keluarga) tidak menerima dokumen Rusia, mereka akan mendapat masalah.”

Remyga mengatakan dia jatuh sakit pada bulan Juni dan menghabiskan satu bulan di rumah sakit di bawah pengawasan tentara. Dia berhasil melarikan diri pada bulan berikutnya.

Dia mengatakan petugas FSB menangkapnya pada 20 September, memborgolnya dan menarik tas ke kepalanya, sebelum membawanya ke pusat penahanan yang tidak diketahui, di mana dia diinterogasi.

Petugas membebaskannya pada awal Oktober dan melarang dia kembali bekerja di rumah sakit, katanya. Remyga mengatakan dia kembali bekerja pada 12 November, sehari setelah Ukraina merebut kembali Kherson. FSB tidak menanggapi permintaan komentar atas pernyataan Remyga.

Di rumah sakit Ukraina, orang tua menerima rekam medis dasar kelahiran bayi mereka tetapi harus pergi ke kantor pendaftaran untuk akta kelahiran warga negara Ukraina, untuk memberikan kewarganegaraan.

Selama pendudukan, banyak orang tua menunda mengunjungi kantor pendaftaran yang dikontrol Rusia, kata Olena Klimenko, kepala kantor pendaftaran regional Kherson. Setelah pendudukan berakhir, banyak dari orang tua tersebut mendaftarkan bayi mereka untuk kewarganegaraan Ukraina, kata Klimenko. Dia tidak memiliki statistik yang tepat.

Tidak jelas berapa banyak bayi yang menerima kewarganegaraan Rusia karena pejabat Rusia mencatatnya dan petugas pendaftaran Ukraina tidak bekerja sama dengan mereka, kata Klimenko.

Sebelum perang, rata-rata 1.200 bayi lahir di Rumah Sakit Kota Kherson per tahun, tetapi jumlahnya turun menjadi 489 kelahiran pada 2022, menurut Remyga.

Dia mengatakan penurunan tersebut mencerminkan fakta bahwa banyak ibu pergi untuk melahirkan di bagian negara yang dikuasai Ukraina, atau di luar negeri. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home