Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 15:44 WIB | Sabtu, 02 November 2013

PBB, Kepala Bank Dunia Soroti Kemiskinan di Afrika

Kepala Bank Dunia Jim Yong Kim. (Foto: telegraph.co.uk)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Kepala Bank Dunia Jim Yong Kim pekan depan akan menyoroti perjuangan melawan kemiskinan di Mali dan di empat negara termiskin lainnya di Afrika.

Ban, Kim dan pejabat-pejabat tinggi dari Uni Afrika, African Development Bank (Bank Pembangunan Afrika) dan Uni Eropa akan berada di Mali pada Senin dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Niger, Burkina Faso dan Chad.

Ban mengatakan di kantor PBB (1/11)bahwa krisis Mali, ketika ekstremis dan pemberontak Islamis merebut setengah wilayah negara itu selama hampir setahun, “menggarisbawahi perlunya melakukan upaya lebih dari hanya melawan perang di wilayah itu– kita perlu menyelesaikan masalah yang bisa memicu konflik dan ketidakstabilan.”

Sebelas juta dari 80 juta penduduk yang tinggal di negara-negara Sahel kekurangan makanan, kawasan itu mengalami tiga musim kemarau yang parah dalam satu dekade terakhir dan Ban mengatakan situasinya “dibanjiri senjata.”

Presiden Bank Dunia berjanji akan mengumpulkan “sumber daya umum dan swasta yang penting” untuk kawasan itu.

Ban dan Kim mengunjungi negara-negara Great Lakes Afrika tahun ini ketika Bank Dunia menjanjikan investasi senilai satu miliar dolar AS (sekitar Rp 11,2 triliun). (AFP/Antara)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home