Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:16 WIB | Minggu, 10 Maret 2024

PBB: Kesetaraan Hukum bagi Perempuan Dapat Dicapai Dalam 300 Tahun

Itu karena meningkatnya reaksi terhadap hak-hak perempuan, dan semakin sulit mengatasi pelanggaran HAM dan diskriminasi yang meluas.
Aktivis organisasi sosialis-feminis mengikuti unjuk rasa memperingati Hari Perempuan Internasional, di Karachi, Pakistan, hari Jumat, 8 Maret 2024. Hari yang secara resmi diakui PBB pada tahun 1977, dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 8 Maret. (Foto: AP/Fareed Khan)

PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA, SATUHARAPAN.COM-Kesetaraan dalam hukum bagi perempuan bisa memakan waktu berabad-abad karena perjuangan untuk kesetaraan jender semakin sulit melawan diskriminasi yang meluas dan pelanggaran hak asasi manusia yang berat, kata Sekjen PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) pada Hari Perempuan Internasional.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan pada peringatan PBB hari Jumat (8/3) bahwa “reaksi global terhadap hak-hak perempuan mengancam, dan dalam beberapa kasus membalikkan kemajuan di negara-negara berkembang dan maju.”

Contoh yang paling mengerikan adalah di Afghanistan, katanya, di mana Taliban yang berkuasa melarang anak perempuan mengenyam pendidikan setelah kelas enam, bekerja di luar rumah, dan di sebagian besar ruang publik, termasuk taman dan salon rambut.

Dengan tingkat perubahan yang terjadi saat ini, kesetaraan hukum bagi perempuan memerlukan waktu 300 tahun untuk mencapainya dan hal ini juga bisa mengakhiri pernikahan anak, katanya.

Guterres menunjuk pada “epidemi kekerasan berbasis jender yang terus terjadi,” kesenjangan upah berdasarkan jender setidaknya sebesar 20%, dan rendahnya keterwakilan perempuan dalam politik. Dia mengutip pertemuan tahunan para pemimpin dunia di Majelis Umum PBB pada bulan September, di mana hanya 12% pembicaranya adalah perempuan.

“Dan krisis global yang kita hadapi memberikan dampak paling parah bagi perempuan dan anak perempuan – mulai dari kemiskinan dan kelaparan hingga bencana iklim, perang dan teror,” kata Sekretaris Jenderal PBB.

Pada tahun lalu, kata Guterres, ada kesaksian pemerkosaan dan perdagangan manusia di Sudan, dan di Gaza, perempuan dan anak-anak merupakan mayoritas dari lebih dari 30.000 warga Palestina yang dilaporkan tewas dalam konflik Israel-Hamas, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Dia mengutip sebuah laporan pada hari Senin oleh utusan PBB yang berfokus pada kekerasan seksual dalam konflik yang menyimpulkan bahwa ada “alasan yang masuk akal” untuk percaya bahwa Hamas melakukan pemerkosaan, “penyiksaan seksual” dan perlakuan kejam dan tidak manusiawi lainnya terhadap perempuan selama serangan mendadak di Israel selatan pada 7 Oktober. Ia juga menunjuk pada laporan kekerasan seksual terhadap warga Palestina yang ditahan oleh Israel.

Hari Perempuan Internasional tumbuh dari gerakan buruh di Amerika Utara dan Eropa pada pergantian abad ke-20 dan secara resmi diakui oleh PBB pada tahun 1977. Tema tahun ini adalah berinvestasi pada perempuan dan anak perempuan untuk mempercepat kemajuan menuju kesetaraan.

Roza Otunbayeva, kepala misi politik PBB di Afghanistan, mengatakan kepada Dewan Keamanan pada hari Rabu (6/3) bahwa apa yang terjadi di negara tersebut “justru kebalikannya” dari investasi pada perempuan dan anak perempuan.

Ada “pencabutan investasi yang disengaja dan bersifat keras dan tidak berkelanjutan,” katanya, sambil mengatakan bahwa tindakan keras Taliban terhadap perempuan dan anak perempuan telah menyebabkan “kerusakan besar terhadap kesehatan mental dan fisik, serta mata pencaharian.”

Penahanan baru-baru ini terhadap perempuan dan anak perempuan karena dugaan pelanggaran aturan berpakaian Islam “merupakan pelanggaran lebih lanjut terhadap hak asasi manusia, dan membawa stigma yang sangat besar bagi perempuan dan anak perempuan,” katanya. Hal ini menimbulkan “efek mengerikan di kalangan perempuan, yang banyak dari mereka sekarang takut untuk beraktivitas di tempat umum,” katanya.

Otunbayeva sekali lagi meminta Taliban untuk membatalkan pembatasan tersebut, dan memperingatkan bahwa semakin lama pembatasan tersebut diberlakukan, “semakin banyak kerusakan yang akan ditimbulkan.”

Sima Bahous, ketua UN Women, badan yang mempromosikan kesetaraan jender dan hak-hak perempuan, mengatakan pada peringatan tersebut bahwa Hari Perempuan Internasional “melihat dunia tertatih-tatih oleh konfrontasi, fragmentasi, ketakutan dan yang paling penting adalah ketidaksetaraan.”

“Kemiskinan mempunyai wajah perempuan,” katanya. “Satu dari sepuluh perempuan di dunia hidup dalam kemiskinan ekstrem.”

Laki-laki tidak hanya mendominasi ruang kekuasaan tetapi mereka “memiliki kekayaan US$105 triliun lebih banyak dibandingkan perempuan,” katanya.

Bahous mengatakan para penentang kesetaraan jender yang mempunyai sumber daya yang baik dan kuat menentang kemajuan yang dicapai. Oposisi dipicu oleh gerakan anti jender, musuh demokrasi, terbatasnya ruang sipil dan “rusaknya kepercayaan antara masyarakat dan negara, serta kebijakan dan undang-undang yang regresif,” katanya.

“Kami semua sangat merasakan penolakan ini,” kata Bahous. “Nilai-nilai dan prinsip-prinsip kami tidak pernah sesulit sekarang ini.”

Guterres mendesak negara-negara untuk memprioritaskan kesetaraan bagi perempuan dan anak perempuan. Ia mengumumkan bahwa PBB meluncurkan “Rencana Percepatan Kesetaraan Jender” untuk mendukung pemerintah dalam merancang dan melaksanakan kebijakan dan pengeluaran yang menanggapi kebutuhan perempuan dan anak perempuan.

Bahous mendapat tepuk tangan meriah ketika dia menyerukan gencatan senjata kemanusiaan di Gaza, yang juga telah lama diupayakan oleh Guterres.

Ia juga mendesak pendanaan bagi perempuan dan anak perempuan, dengan menekankan bahwa ketika hal ini terjadi, perekonomian akan tumbuh, pemerintahan akan berkembang dan perdamaian akan tercapai lebih cepat.

“Tetapi terlepas dari fakta-fakta yang jelas ini, kami terus dengan keras kepala berinvestasi pada senjata dibandingkan investasi pada perempuan dan anak perempuan,” kata Bahous. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home