Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki 04:01 WIB | Jumat, 08 Maret 2024

Perempuan Inovasi Kembangkan Potensi

CEO Markoding Amanda Simandjuntak (pertama kanan) dalam gelar wicara di Jakarta, Kamis. (ANTARA)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Markoding, Yayasan Dian Sastrowardoyo, dan Magnifique Indonesia menjalankan program Perempuan Inovasi untuk membantu perempuan muda Indonesia mengembangkan potensi di bidang teknologi.

Dalam satu gelar wicara di Jakarta, Kamis (7/3), CEO Markoding Amanda Simandjuntak mengemukakan bahwa partisipasi perempuan di bidang teknologi masih terbilang rendah di Indonesia.

Ia mengutip data Boston Consulting Group tahun 2017 yang menunjukkan bahwa perempuan hanya mencakup 22 persen dari total pekerja bidang teknologi di Indonesia. Angka itu paling rendah dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara.

"Makanya lahirlah Perempuan Inovasi sebagai gerakan yang digagas oleh Markoding, Yayasan Dian Sastrowardoyo, dan Magnifique Indonesia untuk membantu para perempuan muda Indonesia agar bisa mengembangkan potensinya melalui berbagai program kolaborasi dan pelatihan di bidang teknologi digital, kewirausahaan sosial, lingkungan, dan literasi," kata Amanda.

Amanda mengatakan bahwa industri teknologi menghadirkan banyak peluang dan para perempuan dapat memanfaatkannya dengan bekal pendidikan di bidang teknologi.

Perempuan Inovasi menghadirkan pelatihan intensif selama lima bulan bagi perempuan muda dengan bimbingan dari mentor yang 90 persen di antaranya perempuan.

Dalam pelatihan itu, para perempuan mempelajari keterampilan digital, soft skill, hingga kesetaraan gender serta mendapat kesempatan magang dan bantuan mencari pekerjaan melalui program job connector.

"Program job connector selama enam bulan, untuk dibantu penempatan kerja atau mencari kerja. Minimal mendapat kesempatan untuk magang," kata Amanda.

Para peserta program juga diminta mengerjakan tugas akhir membuat inovasi dalam bentuk aplikasi untuk menyelesaikan masalah terkait gender.

Amanda berharap Perempuan Inovasi dapat membantu mewujudkan generasi perempuan Indonesia yang berdaya, inovatif, dan memberikan dampak positif bagi bangsa.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home