Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:03 WIB | Selasa, 29 April 2014

PBB Mendesak Pembebasan Pemantau Militer di Ukraina

Sekjen PBB, ban Ki-moon. (Foto: ist)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris Jenderal  Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB),Ban Ki –moon, mengecam keras penahanan terhadap pemantau militer internasional dan staf  mereka di Ukraina. Ban  menuntut agar mereka segera dibebaskan tanpa syarat dan tidak terluka.

Sikap Sekjen PBB itu disampaikan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicaranya. Disebutkan bahwa tindakan itu sebagai melanggar hukum mereka yang melakukan akan menerima akibat dan bertanggung  jawab.

Seperti dilaporkan sebelumnya  tim dari Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) dan sejumlah staf mereka di  Ukraina ditangkap pada hari Jumat ketika meninjau di seluruh bagian timur negara itu.

"Misi internasional yang bekerja di Ukraina harus diizinkan untuk melakukan tugas mereka tanpa hambatan," kata pejabat PBB itu menegaskan.

Ban mengimbau kepada orang yang pengaruh untuk membantu mengatasi masalah mendesak ini, dan mendesak semua pihak terkait untuk mengambil langkah segera untuk meredakan situasi di Ukraina.

"Dia juga meminta para pihak di Ukraina untuk menemukan jalan kembali kepada  semangat kompromi  seperti pembicaraan Jenewa pada tanggal 17 April," kata juru bicara itu. Dia mengacu pada babak awal negosiasi diplomatik mengenai krisis di Ukraina yang  diadakan awal bulan ini dengan dukungan dari Amerika Serikat dan Uni Eropa.

"Sebuah solusi diplomatik dan politik untuk krisis ini sangat penting dan telah berlangsung lama," kata dia menambahkan. (un.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home