Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:50 WIB | Rabu, 20 Maret 2024

UNRWA dan Mesir Tuduh Israel Cegah Ketua UNRWA Memasuki Gaza

Komisaris Jenderal Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), Philippe Lazzarini, berbicara kepada media, di tengah konflik antara Israel dan kelompok Palestina Hamas, di Kairo, Mesir, hari Senin, 18 Maret 2024. (Foto: Reuters)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang Israel menolak izin bagi kepala badan pengungsi Palestina PBB (UNRWA) untuk memasuki Jalur Gaza pada hari Senin (18/3), kata UNRWA dan menteri luar negeri Mesir, seraya menyebutnya sebagai tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ketua UNRWA, Philippe Lazzarini, berbicara bersama Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry, pada konferensi pers di Kairo, mengatakan bahwa dia bermaksud pergi ke Rafah pada hari Senin “tetapi saya telah diberitahu satu jam yang lalu bahwa saya ditolak masuk ke Rafah.”

Shoukry mengatakan kepada Lazzarini: “Anda ditolak oleh pemerintah Israel, menolak masuk, yang merupakan langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi (seorang) perwakilan di posisi tinggi ini.”

UNRWA, yang didirikan pada tahun 1949, memberikan bantuan dan layanan penting kepada pengungsi Palestina dan merupakan penyedia terbesar di Gaza.

Tindakan untuk menolak izin Lazzarini untuk memasuki wilayah tersebut terjadi ketika warga Palestina di Gaza menghadapi krisis kemanusiaan yang semakin parah. Sebuah laporan yang didukung PBB mengatakan pada hari Senin bahwa kelaparan diperkirakan akan terjadi antara saat ini dan bulan Mei di bagian utara Gaza.

“Kami berpacu dengan waktu untuk mencoba membalikkan dampak kelaparan yang meluas dan kelaparan yang akan terjadi di Jalur Gaza,” kata Lazzarini, menggambarkan kelaparan di Jalur Gaza sebagai “buatan manusia.”

Krisis ini dapat diselesaikan dan dibalikkan melalui kemauan politik yang tepat dan Gaza dapat “dibanjiri” dengan makanan melalui penyeberangan darat, tambahnya.

Lazzarini telah mengunjungi Jalur Gaza empat kali sejak perang Gaza dimulai pada 7 Oktober, dan beberapa kali sebelumnya, direktur komunikasi UNRWA, Juliette Touma, mengatakan kepada Reuters. “Pihak berwenang Israel menolak masuknya CG (Komisaris Jenderal) UNRWA ke Gaza hari ini,” katanya.

Ini menandai pertama kalinya Lazzarini ditolak masuk sejak ia mulai menjabat, yang mana ia ditunjuk pada tahun 2020. “Kami siap berangkat pagi ini dengan pesawat Mesir dari Kairo ke El Arish,” kata Touma.

UNRWA berada di tengah krisis atas tuduhan Israel yang dibuat pada bulan Januari bahwa 12 dari 13.000 stafnya di Gaza ikut serta dalam serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober.

Tuduhan Israel menyebabkan 16 negara termasuk Amerika Serikat menghentikan pendanaan UNRWA senilai US$ 450 juta, sehingga membuat operasi UNRWA berada dalam krisis.

UNRWA memecat beberapa anggota stafnya, dengan mengatakan bahwa tindakan tersebut dilakukan untuk melindungi kemampuan badan tersebut dalam memberikan bantuan kemanusiaan, dan penyelidikan internal independen PBB pun diluncurkan.

Australia adalah salah satu dari beberapa negara yang kemudian melanjutkan pendanaan, menteri luar negerinya mengatakan pekan lalu bahwa Australia telah berkonsultasi dengan UNRWA dan donor lainnya dan yakin bahwa lembaga bantuan tersebut bukanlah organisasi teroris.

UNRWA mengutuk serangan tanggal 7 Oktober tersebut, dan mengatakan bahwa tuduhan Israel terhadap badan tersebut – jika benar – adalah pengkhianatan terhadap nilai-nilai PBB dan orang-orang yang dilayani oleh UNRWA.

Dengan perang antara Israel dan Hamas yang kini memasuki bulan keenam, PBB telah memperingatkan bahwa setidaknya 576.000 orang di Gaza – seperempat dari jumlah penduduk Gaza – berada di ambang kelaparan dan tekanan global semakin meningkat terhadap Israel untuk memberikan lebih banyak akses terhadap bantuan kemanusiaan.

Lazzarini juga mengatakan bahwa lebih dari 150 fasilitas UNRWA telah terkena dampak, rusak atau hancur total selama serangan yang dilancarkan Israel sebagai tanggapan terhadap serangan 7 Oktober. “Kami juga mengetahui bahwa sejumlah staf yang ditangkap telah melalui penyelidikan yang sangat ketat, penganiayaan dan penghinaan,” kata Lazzarini. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home