Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:47 WIB | Sabtu, 08 Agustus 2015

PBB Terapkan Resolusi Selidiki Serangan Gas Klorin di Suriah

Korban 'serangan gas klorin' dirawat di satu klinik di Desa Sarmin, Suriah barat laut. (Foto: Dok. satuharapan.com/bbc.co.uk/Getty)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Dewan Keamanan PBB pada Jumat (7/8) memilih dengan suara bulat untuk membentuk sebuah panel guna mengidentifikasi pelaku di balik serangan gas klorin mematikan di Suriah, yang negara-negara Barat tudingkan terhadap rezim Damaskus.

Rusia mendukung langkah tersebut seperti yang dilakukan oleh seluruh anggota dewan.

Dengan diskusi yang dilakukan selama beberapa bulan, resolusi yang dirancang AS itu membentuk sebuah tim ahli yang bertugas mengidentifikasi pelaku serangan senjata kimia dan membuka jalan bagi kemungkinan sanksi untuk menghukum pelaku.

Duta Besar AS untuk PBB, Samantha Power, menyebut panel penyelidikan itu sebagai “langkah penting” untuk menemukan siapa yang bertanggung jawab atas serangan tersebut.

AS, Inggris, dan Prancis berulang kali menuduh pasukan Presiden Bashar al-Assad melancarkan serangan gas klorin dengan bom barel yang dijatuhkan dari helikopter.

Ketiga negara itu berpendapat bahwa hanya rezim Suriah yang memiliki helikopter. Namun, Rusia menyatakan tidak ada bukti kuat Damaskus berada di balik serangan itu.

Panel investigasi akan diberi “akses penuh” ke semua lokasi di Suriah dan diizinkan untuk mewawancarai saksi dan mengumpulkan bahan-bahan, menurut resolusi yang disahkan pada Jumat. (AFP)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home