Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:38 WIB | Senin, 02 Desember 2013

PBB: Terjadi Kejahatan Perang di Suriah

Perempuan pengungsi Suriah di Libanon. Pelanggaran HAM terjadi di Suriah maupun di pengungsian. (Foto: ist)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM – Ketua Badan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Navi Pillay, mengatakan bahwa terjadi pelanggaran hak asasi berat, kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang dalam perang sipil di Suriah.

Pillay, hari Senin (2/12), mengatakan bahwa ada bukti kuat bahwa para pejabat pemerintah Suriah, termasuk Presiden Bashar Al-Assad bertanggung jawab atas kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang di sana.

Di Suriah, Pillay mengatakan seperti dikutip ahram.org.eg, "Skala dan kekejaman pelanggaran yang dilakukan oleh unsur-unsur dari kedua belah pihak hampir menentang keyakinan."

Navi Pillay mengatakan bahwa panel PBB menyelidiki pelanggaran dalam perang sipil di Suriah telah menghasilkan "bukti besar" kejahatan yang "menunjukkan tanggung jawab di tingkat tertinggi pemerintahan, termasuk kepala negara."

Tapi Ketua Badan Hak Asasi Manusia PBB, mengungkapkan hal itu di tengah kekhawatiran pelanggaran hak asasi manusia di seluruh dunia. Dia mengatakan bahwa daftar tersangka kriminal itu disimpan di dalam laci yang terkunci di kantornya, dan akan tetap disegel di sana sampai diminta oleh lembaga internasional atau nasional berwenang.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home