Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 18:09 WIB | Senin, 02 Desember 2013

Menlu Iran Imbau Saudi Bekerja Sama demi Stabilitas

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif. (Foto: indiavision.com)

MUSCAT, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif pada Senin (2/12)  mengimbau Arab Saudi untuk bekerja bersama dengan pemerintahannya guna mencapai stabilitas regional. Zarif mengemukakan hal itu kepada AFP, dalam sebuah kunjungan ke Oman.

“Saya percaya bahwa hubungan kami dengan Arab Saudi harus diperluas sebagaimana yang kami pertimbangkan Arab Saudi sebagai negara terpenting di wilayah itu dan di dunia Islam,” kata Zarif.

“Kami percaya bahwa Iran dan Arab Saudi harus bekerja sama dalam rangka memberi perdamaian dan stabilitas di wilayah ini,” ia menambahkan.

Pernyataan Zarif muncul saat kunjungan di Muscat sebagai bagian dari kunjungan yang ia mulai di Kuwait. Ia meyakinkan beberapa negara Arab Teluk bahwa kesepakatan yang dilakukan Teheran dengan negara-negara Barat pada program nuklirnya demi kepentingan mereka.

Menteri Zarif diperkirakan akan tiba di Qatar berikutnya untuk kunjungan yang tidak dijadwalkan, kata seorang diplomat Iran di Doha kepada AFP.

“Dia akan tiba di Doha pada Senin dan akan menggelar perundingan dengan sejumlah pejabat Qatar,” kata sumber tersebut.

Zarif pada Senin kembali menyuarakan harapannya untuk “segera” mengunjungi Arab Saudi yang didominasi oleh Muslim Sunni, musuh bebuyutan Iran di sepanjang Teluk, dan Uni Emirat Arab.

“Saya siap untuk pergi ke Arab Saudi, hanya mengatur masalah waktu. Saya akan berkunjung sesegera mungkin, insyaAllah.” (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home