Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 18:22 WIB | Senin, 21 September 2015

Pekan Perdamaian, WCC Doakan Runtuhnya Tembok Israel

Dinding pemisah Israel dan Palestina bakal runtuh. (Foto: WCC/Marianne Ejdersten)

SATUHARAPAN.COM – “Ini adalah keinginan tulus dan doa kami bersama dengan banyak orang Yahudi dan Muslim. Tidak ada permusuhan di antara tetangga di Israel dan Palestina dan di seluruh kawasan Timur Tengah.” Ini adalah kata-kata dari Sekretaris Umum Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) Pdt Dr Olav Fykse Tveit dalam pesannya untuk Pekan Dunia untuk Perdamaian di Palestina dan Israel pada 21-27 September.

Tema World Week for Peace in Palestine and Israel (WWPPI) tahun ini adalah “Allah telah meruntuhkan dinding pemisah”.

“Kami berdoa dan bekerja untuk perdamaian yang sangat dibutuhkan oleh Palestina dan Israel. Saat kami berdoa agar dinding runtuh, saya mengajak Anda untuk mempromosikan partisipasi dalam WWPPI tahun ini,” Sekum WCC dalam undangannya kepada gereja-gereja dan mitra ekumenis, Jumat (18/9).

Dalam pesannya, Tveit mengajak kita untuk memperhatikan realitas keras dari Palestina, khususnya orang Kristen yang menderita akibat pembangunan dinding terhadap mata pencaharian mereka. Tveit mengatakan bahwa orang Kristen berkumpul di Bir Ouna di Cremisan Valley, tanah dekat Bethlehem. “Pertemuan orang Kristen yang setia akan berlangsung di bawah pasukan keamanan Israel di sana untuk melindungi peralatan yang digunakan untuk mencabuti pohon zaitun berusia berabad-abad dari tanah milik orang Kristen Palestina untuk membuat jalan bagi segmen terbaru dari tembok pemisah Israel.”

“Saksi strategis tanpa kekerasan ini dimaksudkan untuk menghadapi tidak hanya tentara dan polisi secara individu, tetapi struktur yang tidak adil dan sistem pendukung pendudukan ilegal Israel dari tanah Palestina.”

Ia juga menulis bahwa banyak gereja anggota WCC telah membuat “perdamaian dengan keadilan di Israel dan Palestina” sebagai prioritas utama dalam pekerjaan mereka. “Gereja global berusaha mempromosikan kesadaran dan advokasi dari perspektif Kristen di Palestina dan Israel. Dan, upaya ini terus berkembang.” Dia menambahkan, “WWPPI memberikan kita kesempatan untuk memfokuskan upaya kami untuk memperkuat solidaritas global kami. Karena itu saya mendorong partisipasi penuh dalam minggu ini secara signifikan menjadi saksi dan pembangunan perdamaian.” (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home