Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 12:11 WIB | Jumat, 18 September 2015

WCC Serukan Gerakan di Seluruh Dunia untuk Keadilan Iklim

Poster ajakan untuk bergabung dalam Ziarah Keadilan Iklim dari Flensburg ke Paris. (Sumber: WCC)

SATUHARAPAN.COM – “Bangun dan pergilah!” adalah motto ziarah ekumenis untuk keadilan iklim yang akan mengundang peziarah berjalan dari Flensburg ke Paris, tempat Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP21) akan dimulai pada akhir November.

Sekitar 50 km di tenggara Flensburg, di Breklum, lebih dari 60 delegasi yang mewakili gereja mitra Gereja Lutheran Injili di Jerman Utara berkumpul untuk konsultasi sepuluh hari pada isu-isu keadilan global, 16-20 September.

Sekretaris Umum Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC), Pdt Dr Olav Fykse Tveit, telah mengirimkan pesan salam dan dorongan kepada peserta dari kedua inisiatif.

“Masa depan umat manusia dan penciptaan membutuhkan kita sebagai orang Kristen yang meninggalkan pemisahan dan ketegangan kita di belakang,” berikut pesan dari Sekum WCC pada peserta di Breklum, Jerman yang dibacakan oleh Mélisande Schifter, anggota Komisi Gereja Urusan Internasional WCC.

“Hanya dengan bersama-sama kita bisa menjadi saksi yang kredibel untuk kabar baik dari Injil dan mengatasi batas-batas yang memisahkan kita. Hanya ada satu masa depan untuk seluruh umat manusia, bukan banyak, dan bukan hanya masa depan saya. Harapan nyata adalah satu-satunya harapan yang kita bagi,” surat Tveit itu menegaskan.

Tveit menekankan bahwa keyakinan ini memotivasi para delegasi Sidang Raya ke-10 WCC di Busan pada 2013 lalu untuk memanggil gereja-gereja dan semua orang yang berkehendak baik untuk bergabung dalam ziarah keadilan dan perdamaian. Dia menyatakan dorongan kepada para peziarah di Flensburg yang telah mulai perjalanan menuju Paris.

“Mereka yang memulai perjalanan dari Flensburg adalah bagian dari gerakan seluruh dunia untuk keadilan iklim. Empat ratus ribu orang berdemonstrasi di jalan-jalan Manhattan pada September tahun lalu. Kami berada di sana, di New York, pada saat yang sama, bersama-sama dengan perwakilan dari berbagai agama yang berbeda. Ini untuk mengekspresikan kepedulian kita untuk penciptaan di depan PBB,” Tveit mengenang dalam pesannya. 

Ziarah dari Flensburg ke Paris didukung oleh aliansi ekumenis luas gereja Injili di Jerman, keuskupan Katolik Roma di Jerman, asosiasi dan lembaga pembangunan seperti Bread for the World dan Misereor. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home