Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 09:50 WIB | Senin, 09 Mei 2016

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas SMPN 41 Jakarta Selatan

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas  SMPN 41 Jakarta Selatan
Peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 41 Jalan Harsono RM, Jakarta Selatan, berada di dalam ruang kelas dalam rangka mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), Senin (9/5), yang serentak juga digelar di seluruh Indonesia dari tanggal 9 - 12 Mei 2016. Pelaksanaan UN tahun pelajaran 2015/2016 terdiri atas empat mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). (Foto-foto: Dedy Istanto).
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas  SMPN 41 Jakarta Selatan
Siswa dan siswi SMPN 41 berbaris di depan ruang kelas untuk diberi arahan oleh guru pengawas sebelum melaksanakan Ujian Nasional yang dimulai pukul 07.30 WIB.
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas  SMPN 41 Jakarta Selatan
Siswa SMPN 41 Jakarta Selatan menunggu di depan ruang kelas yang masih tersegel sebelum waktu pelaksanaan UN digelar pukul 07.30 WIB.
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas  SMPN 41 Jakarta Selatan
Salah satu murid duduk di depan ruang kelas yang masih tersegel sebelum pelaksanaan Ujian Nasional digelar yang dimulai pukul 07.30 WIB dengan mata pelajaran hari pertama Bahasa Indonesia.
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kertas  SMPN 41 Jakarta Selatan
Siswa dan siswi SMPN 41 Jakarta Selatan memberi salam kepada dua guru pengawas saat berada di dalam ruang kelas sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dimulai.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) hari ini secara serentak digelar di seluruh Indonesia. Salah satunya di SMPN 41 Jalan Harsono RM, Jakarta Selatan, pada hari Senin (9/5) ini melaksanakan UN berbasis kertas dan pensil untuk tahun pelajaran 2015/2016.

“Hari ini mata pelajaran pertama ujian Bahasa Indonesia. Hanya satu mata pelajaran setiap harinya selama empat hari nanti,” kata salah satu siswa peserta UN SMPN 41 yang menunggu di depan ruang kelas yang masih tersegel.

Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP maupun Madrasah Tsanawiyah (MTs), SMP Luar Biasa, dan Paket B, secara serentak digelar bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi kelulusan pada mata pelajaran tertentu yang mengacu pada Standar Kompentesi Kelulusan (SKL).

Pada tahun 2016, UN sudah tidak lagi digunakan sebagai penentu kelulusan, namun untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang bisa menjadi salah satu dasar seleksi untuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Tahun ini pelaksanaaan UN menggunakan dua sistem, di antaranya ujian nasional berbasis komputer atau computer based test (CBT) yang selanjutnya disebut UNBK, yang pelaksanaannya menggunakan komputer sebagai medianya. Kemudian kedua, ujian nasional berbasis kertas atau paper based test (TBT) yang disebut juga Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil yang merupakan sistem ujian yang menggunakan naskah dan lembar jawaban.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home