Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:28 WIB | Senin, 04 April 2016

Jakarta Targetkan Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017

Petugas ujian nasional memeriksa perangkat komputer jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Foto: Antara/Risky Andrianto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta pada tahun 2017, menargetkan seluruh sekolah di Jakarta sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Untuk tahun sekarang, memang persentase sekolah yang menyelenggarakan berbasis komputer dengan berbasis pensil lebih banyak, karena terbatas prasarana komputer," kata Kepala Disdik DKI Jakarta Sopan Adrianto di Jakarta, Senin (4/4).

“Disdik, akan menargetkan kepada seluruh sekolah di Jakarta termasuk sekolah swasta dan dipaksa untuk melaksanakan UNBK tersebut,” katanya.

"Dalam melaksanakan UNBK memang banyak varian soal, sehingga tidak bocor dan lebih hemat tenaga," katanya.

“Pelaksanaan, UNBK sangat efektif dan efesien, karena berbasis kertas harus dikirim dari percetakan dari luar Jawa, pagi-pagi harus siap di lapangan untuk distribusi, kalau berbasis komputer lebih hemat tenaga,” katanya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok mengatakan, “UNBK di Jakarta sebenarnya bisa banyak sekolah melaksanakan karena ada beberapa universitas menawarkan fasilitas komputer,” katanya.

"Ada beberapa universitas menawarkan kita ujian di tempat mereka, misalnya Binus tapi kita khawatir kalau seperti itu mobilisasinya gimana," kata Ahok.

Kendala UNBK diantaranya adalah komputer, kemudian masih 47 persen gedung sekolah di Jakarta jelek, dikhawatirkan komputer dibeli kemudian hujan kena air menjadi rusak,”  katanya.(Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home