Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 18:59 WIB | Minggu, 04 September 2022

Peluncuran Roket Bulan Artemis NASA Ditunda karena Kebocoran Bahan Bakar

Roket Artemis I Moon NASA berada di Launch Pad Complex 39B di Kennedy Space Center, di Cape Canaveral, Florida, pada 15 Juni 2022. (Foto: dok. AFP)

SATUHARAPAN.COM-Untuk kedua kalinya dalam sepekan, NASA pada hari Sabtu (3/9) membatalkan upaya untuk meluncurkan roket raksasa generasi berikutnya, dengan alasan kebocoran bahan bakar yang menurut badan antariksa Amerika Serikat itu dapat menunda misi debut program Artemis dari bulan ke Mars setidaknya beberapa pekan.

Operasi preflight dibatalkan untuk hari itu sekitar tiga jam sebelum pukul 14:17. Waktu lepas landas EDT (1817 GMT) ditargetkan untuk roket Space Launch System (SLS) setinggi 32 lantai dan kapsul Orionnya dari Cape Canaveral, Florida.

Uji terbang tanpa awak, yang bertujuan meluncurkan kapsul ke bulan dan kembali, menandai penerbangan perdana SLS dan Orion setengah abad setelah misi bulan terakhir Apollo, pelopor program Artemis.

Hitung mundur dibatalkan setelah teknisi Kennedy Space Center melakukan tiga upaya gagal untuk memperbaiki kebocoran "besar" dari propelan hidrogen cair superdingin yang dipompa ke tangki bahan bakar tahap inti roket, kata pejabat badan tersebut.

Percobaan peluncuran awal pada hari Senin juga digagalkan oleh masalah teknis, termasuk saluran bahan bakar bocor lainnya, sensor suhu yang rusak dan retakan yang ditemukan pada busa insulasi.

Manajer misi melanjutkan dengan upaya peluncuran kedua pada hari Sabtu setelah masalah sebelumnya telah diselesaikan. NASA telah mencadangkan waktu peluncuran lain, baik untuk hari Senin atau Selasa, jika diperlukan percobaan ketiga.

Tetapi setelah meninjau data dari kesulitan terbaru, NASA menyimpulkan kebocoran hidrogen baru terlalu rumit dan memakan waktu untuk menyelesaikan pemecahan masalah dan memperbaiki landasan peluncuran sebelum periode peluncuran saat ini yang dialokasikan untuk misi berakhir pada hari Selasa.

Penundaan berarti kesempatan paling awal untuk mencoba lagi akan datang selama periode peluncuran berikutnya yang berlangsung 19-30 September, atau selama jendela Oktober berikutnya, seorang administrator NASA, Jim Free, mengatakan kepada wartawan pada briefing sore hari.

Dia mengatakan penundaan itu juga akan melibatkan melepaskan pesawat ruang angkasa kembali ke gedung perakitannya, di bawah aturan "jarak" Cape Canaveral yang membatasi berapa lama roket dapat tetap berada di menara peluncurannya sebelum menjalani putaran baru pemeriksaan keamanan di dalam ruangan.

Mike Sarafin, manajer misi Artemis NASA, mengatakan upaya untuk menyelesaikan hambatan teknis terbaru akan memerlukan "beberapa pekan kerja."

Kepala NASA Bill Nelson mengatakan pada hari sebelumnya bahwa kemunduran akan menunda upaya peluncuran berikutnya setidaknya hingga pertengahan Oktober, sebagian untuk menghindari konflik penjadwalan dengan kru Stasiun Luar Angkasa Internasional berikutnya yang akan diluncurkan awal bulan itu. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home