Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 13:24 WIB | Selasa, 10 Januari 2023

Pemakaman Benediktus Sederhana Seperti Permintaaannya

Pemakaman Benediktus Sederhana Seperti Permintaaannya
Para pelayat mengantre di dalam Basilika Santo Petrus di Vatikan untuk melihat Paus Emeritus Benediktus XVI terbaring di kenegaraan, Rabu, 4 Januari 2023, ketika ribuan orang datang untuk memberikan penghormatan kepada paus yang mengejutkan dunia dengan pensiun satu dekade yang lalu. Benediktus meninggal dunia pada Sabtu, 31 Desember 2022. Dia berusia 95 tahun. (Foto: AP/Antonio Calanni)
Pemakaman Benediktus Sederhana Seperti Permintaaannya
Peti mati mendiang Paus Emeritus Benediktus XVI dibawa setelah misa pemakaman di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Kamis, 5 Januari 2023. Benediktus meninggal pada usia 95 pada 31 Desember di biara di halaman Vatikan tempat dia menghabiskan hampir seluruh dekade dalam masa pensiun. (Foto: AP/Ben Curtis)

VATICAN CITY, SATUHARAPAN.COM - Paus Benediktus XVI memegang salah satu posisi profil tertinggi di dunia tetapi di tahun-tahun terakhirnya menyatakan keinginan untuk "tersembunyi dari dunia."

Sementara tubuhnya telah disemayamkan pekan ini selama tiga hari, pada hari Kamis (5/12) pemakamannya, setidaknya sebagian menghormati keinginannya, untuk kesederhanaan, tetapi juga menampilkan beberapa kemegahan yang disediakan untuk seorang pemimpin Gereja Katolik Roma.

Beberapa ritus berlangsung di luar mata publik. Akan ada bentuk lain dari upacara sarat tradisi di Lapangan Santo Petrus di hadapan puluhan ribu orang, termasuk para pemimpin nasional dan perwakilan keluarga kerajaan berbagai negara.

Benediktus meninggal pada usia 95 pada tanggal 31 Desember di biara di halaman Vatikan di mana dia menghabiskan hampir seluruh dasawarsanya dalam masa pensiun, hari-harinya terutama dikhususkan untuk doa dan refleksi. Pekan ini, saat Gereja Katolik mengucapkan selamat tinggal kepada Paus ke-265, Gereja Katolik akan menggunakan campuran ritual: beberapa kuno, beberapa disesuaikan dengan zaman modern.

Beberapa Detail Perpisahan Resmi Vatikan

Pada hari Rabu malam, setelah pengunjung terakhir meninggalkan Basilika Santo Petrus, tempat jenazah Benediktus dipajang, jenazah itu akan ditempatkan di peti mati yang dipahat dari pohon cemara dalam momen yang sangat pribadi.

Sebelum penutup ditempatkan di atas peti mati, benda-benda yang diidentifikasi dengan kepausan Benediktus selama hampir delapan tahun akan ditempatkan di dalamnya, kata Vatikan. Itu termasuk medali dan koin Vatikan dengan gambarnya yang dicetak selama kepausannya dan diedarkan dalam dominasi euro.

Sebuah akun tertulis satu halaman tentang kepausannya, dikenal dalam bahasa Italia sebagai "rogito," sebuah kata yang menunjukkan akta resmi: digulung dan dimasukkan ke dalam tabung silinder, kemudian ditempatkan di dalam peti mati.

Juga dimakamkan bersama Benediktus adalah pallium, ciri khas karir klerikalnya. Stola ramping, dibuat dari wol domba oleh biarawati di sebuah biara di Roma, itu adalah simbol paus, yang juga uskup Roma, dan, sebagai pendeta dari kawanan umat Katolik.

Benediktus memiliki gambar pallium yang diintegrasikan ke dalam lambang kepausannya. Stola juga diberikan kepada para kardinal dan uskup agung. Benediktus dalam karirnya menjabat sebagai uskup agung Munich di negara asalnya, Jerman, dan diangkat menjadi kardinal oleh St. Paus Paulus VI pada tahun 1977.

Di akhir pemakaman, peti mati Benediktus kembali ke basilika dan dibawa ke gua-gua di bawah lantai utama. Di sana, dekat ruang bawah tanah tempat ia memilih sebagai tempat peristirahatan terakhirnya, peti mati kayu pinus akan ditempatkan di dalam peti mati yang terbuat dari seng. Peti mati itu pada gilirannya akan ditempatkan di dalam yang ketiga, terbuat dari kayu ek.

Peti mati itu kembali dilihat publik sekitar pukul 8:45 pagi hari Kamis ketika dibawa keluar dari basilika. Umat beriman di Lapangan Santo Petrus, yang diperkirakan berjumlah sedikitnya 60.000, telah diundang untuk berdoa rosario dengan suara keras. Paus Fransiskus memimpin pemakaman, mengambil tempat di depan altar berkanopi, dan menyampaikan homili dan doa kunci.

Tetapi untuk merayakan Misa di altar adalah Kardinal Italia, Giovanni Battista Re, dekan Kolese Kardinal. Untuk pemakaman Benediktus, Fransiskus memimpin upacara terakhir. Itu melibatkan pembacaan perpisahan formal yang dikenal dalam bahasa Latin sebagai "Ultima Commendatio et Valedictio" dan memercikkan jenazah dengan air yang diberkati dan dupa.

Sebagian besar liturgi dalam Misa mencerminkan liturgi dalam pemakaman paus yang sedang berkuasa. Akan ada satu pengecualian penting: pemakaman masa lalu, termasuk pemakaman Yohanes Paulus tahun 2005, termasuk “suppliche” khusus, atau permohonan doa, menampilkan litani panjang dari nama orang-orang kudus, yang mencerminkan peran paus sebagai Uskup Roma dan juga kepala Gereja Timur.

Tetapi karena Benediktus telah pensiun dari kepausan sebelum dia meninggal, permohonan seperti itu tidak akan terdengar di seluruh alun-alun.

Tempat Peristirahatan Terakhir Benediktus

Jenazah Benediktus akan dibawa ke ruang bawah tanah tempat Yohanes Paulus dimakamkan. Jenazah Yohanes Paulus dipindahkan ke lantai atas dari gua dan ke basilika utama untuk beatifikasinya tahun 2011 selama kepausan Benediktus.

Paus Fransiskus menyatakan paus Polandia itu sebagai orang suci pada tahun 2014. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home