Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 14:41 WIB | Senin, 09 Januari 2023

Makam Paus Emeritus Benediktus XVI Boleh Dikunjungi Umat

Makam Paus Emeritus Benediktus XVI Boleh Dikunjungi Umat
Umat mengunjungi makam mendiang Paus Emeritus Benediktus XVI di dalam gua Basilika Santo Petrus, di Vatikan, Minggu, 8 Januari 2023. Benediktus meninggal pada usia 95 pada 31 Desember di biara di halaman Vatikan tempat dia menghabiskan waktu hampir sepanjang dekade pensiunnya, hari-harinya terutama dikhususkan untuk doa dan refleksi. (Foto: AP/Gregorio Borgia)
Makam Paus Emeritus Benediktus XVI Boleh Dikunjungi Umat

VATICAN CITY, SATUHARAPAN.COM – Warga masyarakat sekarang dapat mengunjungi makam Paus Benediktus XVI di gua-gua di bawah Basilika Santo Petrus.

Paus dimakamkan pada 5 Januari segera setelah pemakaman di Lapangan Santo Petrus. Makam Benediktus terletak di gua-gua di bawah lantai utama basilika.

Vatikan mengumumkan pada hari Sabtu (7/1) bahwa masyarakat dapat mengunjungi makam tersebut mulai hari Minggu (8/1) pagi.

Benediktus telah hidup sejak 2013 sebagai paus emeritus, setelah pensiun dari kepausan, paus pertama yang melakukannya dalam 600 tahun. Dia meninggal pada 31 Desember pada usia 95 tahun, di biara Vatikan tempat dia menghabiskan tahun-tahun terakhirnya.

Pada hari Kamis, sekretaris lamanya, Uskup Agung Georg Gaenswein, memberikan pemberkatan terakhir setelah jenazah Benediktus, yang terbungkus di dalam tiga peti mati, peti mati yang dipajang di alun-alun selama pemakaman yang dipimpin oleh Paus Francis, peti mati seng dan peti luar yang dipahat dari kayu ek, diturunkan ke ruang di lantai.

Jenazah ditempatkan di bekas makam pendahulu Benediktus, St. Yohanes Paulus II. Jenazah Yohanes Paulus dipindahkan ke sebuah kapel di lantai utama basilika setelah beatifikasinya tahun 2011.

Sekitar 50.000 orang menghadiri pemakaman Benediktus, setelah tiga hari jenazahnya dibaringkan di basilika, sebuah acara yang menarik hampir 200.000 penonton.

Nama Benediktus, paus ke-265 gereja Katolik, diukir di atas lempengan marmer putih, kata Vatikan.

Vatikan tidak mengatakan apakah Paus Fransiskus secara pribadi telah mengunjungi makam Benediktus yang telah selesai sebelum diizinkan untuk dilihat oleh publik, atau mungkin melakukannya di lain waktu.

Pada hari Minggu pagi, Fransiskus memimpin upacara pembaptisan 13 bayi di Kapel Sistina. Kapel dengan lukisan dinding oleh Michelangelo, adalah pengaturan tradisional untuk pembaptisan, sebuah acara yang menutup upacara akhir tahun Vatikan.

Belakangan, para peziarah dan turis yang menyapa berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk pemberkatan pada hari Minggu siangnya, Fransiskus mengutip dari homili Benediktus tahun 2008, di mana mendiang Paus berbicara tentang keselamatan.

Mengambil inspirasi dari kata-kata pendahulunya, Fransiskus mengatakan bahwa umat beriman ketika menilai orang lain, termasuk di gereja Katolik, seharusnya tidak menerapkan kekerasan tetapi belas kasihan, “berbagi luka dan kerapuhan” dan menghindari perpecahan.

Fransiskus telah dikritik di beberapa kalangan oleh mereka yang menyukai sikap Benediktus yang lebih konservatif karena homili pemakamannya hanya menyebutkan mendiang paus. Sementara Benediktus dan Fransiskus secara terbuka berbicara tentang satu sama lain dengan rasa hormat, ketegangan memburuk selama bertahun-tahun antara loyalis kedua pria tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home