Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 16:48 WIB | Sabtu, 25 Januari 2014

Pembangkang China Xu Zhiyong Divonis Minggu

Xu Zhiyong. (Foto: guardianlv.com)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Pengacara pembangkang China, Xu Zhiyong, yang diadili Rabu (22/1), mengatakan vonisnya akan diumumkan Minggu (26/1) pagi.

Xu didakwa “mengumpulkan massa untuk mengganggu ketertiban umum”. Ia tidak membela dirinya dalam perkaranya. Jika terbukti bersalah, ia diancam dengan hukuman lima tahun penjara.

 Pengacaranya, Zhang Qingfang, memberitahu VOA ia tidak meragukan apa vonisnya nanti.

“Mengingat putusan itu akan diumumkan begitu cepat setelah sidang tersebut, dan mereka telah mengabaikan proses hukum yang seharusnya, putusannya pasti bersalah dan hukumannya tidak akan ringan. Kemungkinan besar lima tahun penjara,” kata Zhang Qingfang.

 Xu (40), mendirikan organisasi akar rumput Gerakan Rakyat Baru, yang mendukung demokrasi dan supremasi hukum dan bertujuan memojokkan pejabat-pejabat korup.

Xu Zhiyong, yang dilahirkan di Minquan County, Provinsi Henan, 2 Maret 1973, adalah akademisi hukum, yang mengajar Beijing University of Post and Telecommunications.

Xu meraih gelar sarjana hukumnya di Lanzhou University pada 1994, dan kemudian meraih gelar doktor dari Beijing University pada 2002. Setahun kemudian ia terpilih sebagai anggota Kongres Rakyat mewakili Distrik Haidian wakil independen.

Selain Xu, tujuh anggota Gerakan Rakyat Baru disidangkan pekan ini dan pekan depan. Tiga lainnya sudah diadili Desember lalu, namun vonisnya belum diumumkan. (VOA/wikipedia)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home