Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Endang Saputra 18:50 WIB | Senin, 24 November 2014

Pemerintah akan Bangun Perkeretaapian Luar Jawa pada 2015

Pemerintah akan mendorong pembangunan infrastruktur perkeretaapian. (Foto: kemenkeu.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan untuk memperlancar arus logistik di luar Pulau Jawa, pemerintah akan mendorong pembangunan infrastruktur perkeretaapian. Untuk wilayah Pulau Sumatera dan berencana akan memulai pada tahun depan.

“Beliau (Presiden Joko Widodo) ingin kereta api Sumatera itu mulai tahun 2015,” kata Bambang P.S. Brodjonegoro di Jakarta, seperti dikutip dari kemenkeu.go.id,  di Jakarta, Senin (24/11).

Lebih lanjut ia mengatakan, hal ini lebih bertujuan untuk mengintegrasikan transportasi kereta api di Pulau Sumatera, khususnya untuk angkutan barang.

“Sekarang ini kereta api di Sumatera itu ada, tapi nyebar di mana-mana, ada di Medan, ada di Padang, ada di Lampung, ini inginnya kereta api yang benar-benar meng-connect Sumatera. Bukan hanya orang yang diangkat, tetapi yang lebih penting adalah barang,” kata dia.

Selain di Pulau Sumatera, pemerintah juga berencana membangun transportasi perkeretaapian di pulau-pulau lain, termasuk Kalimantan dan Sulawesi. 

“Jadi kita itu harus dorong bahwa kereta api itu tidak hanya untuk orang. Itu sebenarnya esensi kereta api, terutama untuk Pulau Sumatera nantinya, (termasuk) Kalimantan dan Sulawesi,” katanya. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home