Loading...
INDONESIA
Penulis: Martha Lusiana 12:05 WIB | Kamis, 18 Juni 2015

Pemerintah Minta Pelajar dan Pengantin Tanam 5 Pohon

Menteri LHK Siti Nurbaya bersama Mendikbud, Menristek dan Dikti, dan pejabat lain seusai penandatanganan kerjasama, di kantor Kemenhut, Jakarta, Selasa (16/6). (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) mendorong seluruh pelajar, mahasiswa, dan setiap pasangan pengantin untuk menanam lima batang pohon sebagai upaya menumbuhkembangkan budaya cinta lingkungan.

Ketentuan tersebut merupakan tindak lanjut dari program “Gerakan Menanam Pohon” yang diusung Kementerian LHK berkerja sama dengan sejumlah kementerian dan lembaga lainnya, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tingga (Kemenristek dan Dikti), dan Kementerian Agama.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengatakan, gerakan penanaman pohon menjadi salah satu aksi kongkrit  dalam upaya pelestarian hutan dan lingkungan.

“Dengan menanam jenis pohon yang tepat sesuai dengan tapak, tujuan, dan manfaat, kita dapat mengatasi permasalahan lahan kritis, serta menghasilkan alternatif sumber energi terbarukan disamping mampu menggerakkan ekonomi kerakyatan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Menteri LHK, saat penandatanganan kerja sama di Jakarta, Selasa (16/6).

Menteri LHK juga mengajak para guru, dosen, dan rektor seluruh Indonesia untuk terus menumbuhkembangkan budaya cinta lingkungan sejak dini melalui “Gerakan Menanam Pohon”.

Menurut Menteri LHK, “Gerakan Menanam Pohon” merupakan suatu ibadah, pohon yang kita tanam disamping mempunyai nilai ekonomis, juga akan memberikan maslahat yang besar bagi ekosistemnya, seperti oksigen, air, suhu dll yang nilainya jauh lebih besar.

“Nilai ekonomis dan manfaat bagi ekosistem tersebut pada akhirnya dapat meningkatkan ketahanan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Siti Nurbaya, seperti dikutip setkab.go.id.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home