Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 10:57 WIB | Rabu, 08 Januari 2014

Pemerintah Terus Sempurnakan Bandara Komersial Halim Perdanakusuma

Kondisi bandar udara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur masih tampak normal pada Kamis (19/12) dengan beberapa bagian masih direnovasi untuk persiapan menjadi bandar udara komersial. (Foto: Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah terus menyempurnakan berbagai persiapan untuk kelancaran acara peresmian pembukaan penerbangan komersial di bandara Halim Perdanakusuma yang rencananya bakal dilakukan pada 10 Januari 2014.

"Persiapannya saat ini tinggal tahap akhir," kata Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti Gumay, Rabu (8/1).

Menurut dia, kesiapan dari beragam hal seperti baik sarana dan prasarana di bandara maupun terkait operasional pesawat dinilai juga telah siap.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri Sunoko mengatakan, pihaknya terus melakukan pembenahan agar kesiapan dapat benar-benar mencapai 100 persen.

Ia juga mengemukakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan lembaga terkait lainnya seperti bagaimana untuk memperlancar akses jalan raya ke bandara tersebut.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Jumat (6/12), mengatakan Halim Perdanakusuma sebagai bandara komersial dapat mengurangi kemacetan di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat.

Menurut Jokowi, dengan upaya tersebut konsentrasi penumpang tidak tertuju kepada Bandara Soekarno Hatta sehingga dapat mengurangi kemacetan di sekitar wilayah itu. Pemprov DKI juga berkoordinasi dengan Kemenhub dengan menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Sedangkan Mantan Kepala Staf Angkutan Udara (KSAU) Marsekal TNI Purnawirawan Chappy Hakim mengemukakan, Bandara Halim Perdanakusuma tidak cocok dijadikan bandara komersial sipil karena lebih dipersiapkan sebagai bandar udara untuk pemenuhan kebutuhan militer.

"Sangat naif bila solusi mengurangi kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta dengan memindahkan sebagian penerbangan ke Halim," katanya dalam Media Gathering bertajuk "Tinjauan Industri Penerbangan di Indonesia 2013 dan Outlook 2014", pada Kamis (19/12).

Ia memaparkan, selain tidak didesain untuk penerbangan komersial, Halim Perdanakusuma dirancang antara lain untuk misi khusus militer dan keperluan keamanan tingkat tinggi seperti bagi tamu negara.

Selain itu, Bandara Halim Perdanakusuma berperanan penting sebagai basis pengiriman logistik bila terjadi bencana alam besar seperti saat kejadian tragedi tsunami pada Desember 2004.

Sebagaimana diberitakan, Wakil Presiden Boediono mengatakan pemindahan sebagian penerbangan komersial dari Bandara Soekarno-Hatta ke Halim Perdanakusuma merupakan rencana untuk mengurangi kepadatan di bandara yang menggunakan nama ke dua Proklamator itu.

"Untuk jangka panjang perluasan bandara internasional guna melayani wilayah Jabodetabek tidak dapat dihindari," kata Wapres Boediono usai meninjau bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta, Selasa (7/1). (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home