Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:46 WIB | Selasa, 10 Desember 2019

Pemimpin Gereja Brasil di COP 25 Misi Merawat Ciptaan Tuhan

Wakil presiden untuk wilayah Amerika Latin dari Lutheran World Federation (LWF) Pdt Dr Nestor Friedrich. (Foto: lutheranworld.org)

MADRID, SATUHARAPAN.COM – "Tuhan tidak pernah acuh tak acuh terhadap perubahan iklim yang melemahkan populasi manusia yang sudah miskin, yang terpencar di seluruh dunia," kata Pendeta Dr Nestor Friedrich dari Brasil, ketika menyampaikan khotbah selama layanan doa ekumenis yang diadakan pada Minggu 8 Desember, di Gereja Injili Spanyol, di Madrid, selama berlangsungnya KTT perubahan iklim PBB COP25.

“Menyadari bahwa kita tidak ditinggalkan, masih ada Tuhan yang menuntun kita, menguatkan dan memanggil kita untuk menjadi saksi kehidupan, dan kita memiliki misi untuk merawat ciptaan Tuhan,” kata Friedrich, dari Gereja Evangelis Lutheran di Brasil dan melayani sebagai Wakil Presiden untuk wilayah Amerika Latin dari Lutheran World Federation (LWF).

Doa Ekumene untuk Keadilan Iklim didukung oleh Dewan Gereja Dunia (WCC) dan Gereja Evangelis Spanyol, telah menyatukan para anggota beberapa gereja dan organisasi berbasis gereja yang menghadiri COP25.

Program ini termasuk pemutaran perdana "As Ice is Melting," sebuah lagu yang dipersembahkan untuk aktivis iklim Swedia muda Greta Thunberg, yang ditulis oleh Pendeta Per Harling, penulis Swedia terkenal dan komposer musik liturgi dan himne.

Setelah ibadah, diselenggarakan diskusi panel tentang topik keadilan iklim dalam pandangan iman Kristen.

Percakapan, dimoderatori oleh Pendeta Henrik Grape, moderator Kelompok Kerja WCC tentang Perubahan Iklim, mengeksplorasi topik-topik yang berkaitan dengan perubahan yang diperlukan untuk mencegah dan mengurangi dampak perubahan iklim.

Saat COP25 berlangsung hingga 13 Desember, para pendukung pembela iklim ekumenis, terus mengungkapkan keprihatinan mereka tentang kurangnya kesediaan mengendalikan emisi dengan cukup cepat, untuk menjaga suhu naik lebih dari 1,5/2 celsius  seperti yang disebut dalam Perjanjian Paris.

Pada tanggal 25 November yang lalu, Komite Eksekutif Dewan Gereja Dunia mengeluarkan Pernyataan tentang Perubahan Iklim Darurat, dan menyerukan pada COP25 untuk menetapkan dasar melakukan pengurangan emisi gas rumah kaca secara lebih sungguh-sungguh, yang telah ditetapkan agar mencapai netralitas karbon pada tahun 2050, dan membatasi pemanasan tidak lebih dari 1,5 derajat celsius dan untuk meningkatkan komitmen negara-negara kaya, untuk menyediakan pendanaan iklim yang cukup, terprediksi ,dan transparan kepada negara-negara berpenghasilan rendah. (oikoumene.org)

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home