Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:52 WIB | Sabtu, 25 April 2015

Pemimpin ISIS Dilaporkan Tak Mampu Kelola Organisasi

Pemimpin ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi. (Foto: dok./ist)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM-  Surat Kabar Inggris,  "The Guardian" melaporkan bahwa  pemimpin kelompok Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS (Islamic State of Iraq and Syria), Abu Bakr al-Baghdadi tidak lagi mampu memimpin ISIS.

Dia diberitakan menderita akibat serangan udara, dan tengah berusaha untuk pulih dari cedera serius. Dia terluka dalam menghadapi serangan udara di wilayah Irak bagian barat, dan kondisinya tak mampu kelola organisasi.

Sumber di Irak yang dekat dalam kontak dengan kelompok teroris itu mengatakan bahwa "Al-Baghdadi terluka parah selama serangan oleh koalisi pada Maret lalu, dan luka-luka yang diderita mengancam jiwanya."

Namun disebutkan bahwa “dia mulai pulih secara perlahan-lahan, namun belum mampu untuk memimin organisasi itu secara langsung setiap hari."

Sumber itu menambahkan bahwa "cedera serius itu mempengaruhi Al-Baghdadi dan telah mendorong diselenggarakannya pertemuan darurat para pemimpin ISIS untuk membuat rencana memilih pemimpin baru, karena mereka menduga bahwa Al-Baghdadi akan mati."

Berita Al-Baghdadi Terluka

Berita yang menyebutkan pemimpin ISIS terluka telah banyak diberitakan, termasuk yang menyebutkan dia terluka dalam serangan udara di Provinsi Anhar, Irak bagian barat pada Januari lalu. Dan dia dikabarkan bisa melarikan diri.

Pernyataan itu bahkan keluar dari Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi. Namun sejauh ini belum ada informasi yang jelas tentang keberadaannya, di tengah-tengah serangan yang dilancarkan terhadap ISIS dan kelompok ini mengalami banyak kekalahan.

PM Irak itu pernah mengatakan, "Al-Baghdadi terluka di kota Qaim dalam serangan udara Irak. Dia terluka, tetapi selamat dan pindah ke tempat lain.’’ Disebutkan bahwa "Al-Baghdadi kadang-kadang berada di Mosul, namun lebih sering di Suriah, bukan di Irak."

Sejumlah laporan disampaikan terkait pelarian pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, dari Mosul ke Suriah. Sementara sumber-sumber lokal di kota Mosul, ibu kota Provinsi Ninewe (405 kilometer sebelah utara Baghdad) mengatakan bahwa "Al-Baghdadi dipindahkan ke sebuah rumah sakit di kota Deir Zour di Suriah."


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home