Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:12 WIB | Rabu, 19 April 2023

Pemimpin Tertinggi Iran Menolak Referendum tentang Kebijakan Negara

Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei, pada 6 Maret 2023 menunjukkan dia berbicara setelah upacara menandai pekan "Sumber Daya Alam" di Teheran. (Foto: dok. AFP)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei, pada hari Selasa (18/4) menolak diadakannya referendum tentang kebijakan negara.

Iran menghadapi seruan untuk referendum di Republik Islam itu sendiri selama protes anti pemerintah dari tahun lalu, dan seorang mantan presiden baru-baru ini menyarankan pemungutan suara seperti itu harus diadakan untuk memutuskan kebijakan utama sebagai cara untuk mengurangi perpecahan.

Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei, yang memegang keputusan akhir atas kebijakan semacam itu, menolak gagasan tersebut ketika ditanya tentang hal itu dalam pertemuan dengan mahasiswa.

“Di dunia mana ini dilakukan? Apakah mungkin mengadakan referendum untuk berbagai masalah negara?” Dia bertanya. “Untuk satu masalah apa pun, negara akan terlibat dalam debat dan argumen serta polarisasi selama enam bulan, sehingga referendum dapat diadakan untuk masalah itu.”

Dia tampaknya merujuk pada pernyataan baru-baru ini oleh mantan Presiden Iran, Hassan Rouhani, yang menyarankan diadakannya referendum tentang kebijakan dalam dan luar negeri.

Iran mengadakan pemilihan presiden dan parlemen secara teratur yang diawasi oleh badan ulama yang memeriksa kandidat. Di bawah konstitusi, referendum hanya dimungkinkan jika dua pertiga parlemen memberikan suara untuk itu dan badan konstitusional beranggotakan 12 orang, setengahnya ditunjuk oleh pemimpin tertinggi, menyetujuinya.

Iran menghadapi berbulan-bulan protes anti pemerintah nasional yang dipicu oleh kematian seorang perempuan berusia 22 tahun pada bulan September yang ditahan oleh polisi moralitas karena diduga melanggar aturan berpakaian Islami yang ketat di negara itu.

Protes dengan cepat meningkat menjadi seruan untuk menggulingkan ulama yang berkuasa, menandai tantangan besar bagi kekuasaan empat dekade mereka.

Protes mereda awal tahun ini di tengah tindakan kekerasan oleh pihak berwenang, meskipun masih ada tanda-tanda ketidakpuasan.

Iran mengadakan referendum untuk mendirikan Republik Islam dan menyetujui konstitusi baru tak lama setelah revolusi 1979. Negara itu mengadakan referendum lain di akhir 1980-an untuk mengubah konstitusi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home