Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 17:51 WIB | Selasa, 25 Februari 2014

Pemprov DKI Akan Bangun Turap di Kali Angke dengan e-Catalog

Ilustrasi turap. (Foto: jakarta.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP) segera memasukan peralatan pembangunan sheet pile (dinding turap) ke dalam e-catalog.

“Kita nanti langsung beli dari e-catalog biar cepet, tanpa tender,” kata Basuki di Balai Kota, Selasa (25/2).

Rencananya, dinding turap ini akan ini dibangun sepanjang 300 meter di aliran Kali Angke agar dapat menanggulangi banjir. 

Pemprov DKI juga berencana menambah pompa kapasitas besar yang juga akan dibeli dari e-catalog. Penambahan pompa kapasitas besar ini guna mengatasi genangan-genangan, agar bisa segera dipompa dan dibuang ke laut. 

Sebagai informasi, e-catalog adalah sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang tertentu dari berbagai penyedia yang tedapat di situs Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP). LKPP bertindak sebagai penerima berbagai perusahaan yang ingin menjual barangnya, serta memverifikasi barang yang dipesan.

Sebelumnya pembangunan infrastruktur dilakukan melalui tender yang harus negosiasi harga terlebih dahulu. Selain itu pembangunan infrastruktur juga dianggap rawan mark up atau penggelembungan dana melalui proses tender itu. Tetapi setelah sistem e-catalog, tidak seperti itu lagi, Pemprov akan memesan langsung barang yang diperlukan, dan pembayarannya juga dibayarkan langsung.

Dengan e-catalog ini, Basuki pernah mengatakan anggaran bisa dihemat untuk keperluan lainnya sebesar 4,5 persen. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home