Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 15:14 WIB | Jumat, 21 Agustus 2015

Pemprov DKI Targetkan Relokasi Warga Kampung Pulo Seminggu

Pemprov DKI Targetkan Relokasi Warga Kampung Pulo Seminggu
Bangunan rumah susun sederhana dan sewa (Rusunawa) Jatinegara Barat yang telah rampung dibangun pada tahun ini siap untuk ditempati oleh warga Jakarta, khususnya warga Kampung Pulo, Jatinegara Barat yang pada Kamis (20/8) kemarin mulai direlokasi atas imbauan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bangunan apartemen sederhana ini memiliki dua tower berlantai 16 dengan jumlah ruang sebanyak 518 unit berukuran 30 meter persegi yang terdiri dari dua kamar tidur, satu ruang tamu, ruang dapur dan ruang kamar mandi. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Pemprov DKI Targetkan Relokasi Warga Kampung Pulo Seminggu
Kondisi pemukiman Kampung Pulo yang berada di bantaran sungai Ciliwung terdiri dari 518 kepala keluarga di tiga Rukun Warga (RW) Jatinegara, Jakarta Timur.
Pemprov DKI Targetkan Relokasi Warga Kampung Pulo Seminggu
Bangunan Rusunawa Jatinegara Barat yang diperuntukan warga Kampung Pulo, masih tampak sepi sejak kemarin, diperkirakan dalam seminggu ke depan sebagian warga mulai berpindah dan menempati tempat tinggal sesuai dengan himbauan untuk direlokasi.
Pemprov DKI Targetkan Relokasi Warga Kampung Pulo Seminggu
Dua warga Kampung Pulo saat melintas diantara bangunan rumah yang telah ditertibkan oleh petugas dalam aksi penertiban yang dilakukan pada Kamis (20/8) kemarin masih berjumlah sekitar lima bangunan dan saat ini penertiban terhadap bangunan yang lain sedang berlangsung.
Pemprov DKI Targetkan Relokasi Warga Kampung Pulo Seminggu
Sejumlah warga korban penggusuran Kampung Pulo mengangkut barang-barang ke Rusunawa Jatinegara Barat, Jakarta, Jumat (21/8). Dari 429 warga yang telah mengikuti undian unit hunian, baru 238 warga Kampung Pulo yang telah mengambil kunci unit hunian di Rusunawa tersebut. ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan satu minggu seluruh warga Kampung Pulo sudah direlokasi ke Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Jatinegara Barat, Jakarta Timur.

Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada Kamis (20/8) di kantor Balai Kota, Jakarta Pusat saat berlangsungnya proses relokasi yang dilakukan sejak pagi. Penertiban warga Kampung Pulo menurutnya tidak selesai secara keseluruhan, namun bertahap. Proses pemindahan sebanyak 518 kepala keluarga tidak bisa langsung, karena harus melihat kondisi banyaknya bangunan rumah yang harus dibongkar terlebih dahulu, ujarnya.

Pemprov DKI Jakarta melalui jajarannya akan terus melakukan upaya penertiban di Kampung Pulo sampai seluruh warga yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung tersebut pindah ke tempat tinggal yang baru di Rusunawa Jatinegara Barat.

Meski ada penolakan dari sebagian warga, penertiban harus tetap berjalan sampai seluruh warga dapat direlokasi dan warga dapat memiliki tempat tinggal yang lebih layak, ujar Ahok.

Rusunawa Jatinegara mulai dibangun sejak 2014 lalu dan selesai pada tahun ini. Bangunan seperti apartemen ini memiliki dua tower dengan fasilitas terdiri dari dua kamar tidur, ruang dapur, ruang tamu, ruang kamar mandi dengan luas bangunan sekitar 30 meter persegi. Rusunawa elit ini memiliki 518 unit dari dua tower yang ada dengan masing-masing terdiri dari 16 lantai dilengkapi dengan lima fasilitas lift dan satu lift barang.

Berikut kondisi Rusunawa Jatinegara Barat dan kondisi pemukiman Kampung Pulo yang berada di bantaran sungai Ciliwung yang terekam dalam gambar pasca penertiban yang dilancarkan pada Kamis (20/8) kemarin. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home