Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 13:20 WIB | Selasa, 14 Februari 2017

Penasihat Keamanan Nasional AS Mengundurkan Diri

Penasihat Keamanan Nasional AS, Michael T. Flynn, mengundurkan diri setelah baru bekerja tidak sampai satu bulan. (Foto: New York Times)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Penasihat Keamanan Nasional AS, Michael T. Flynn, mengundurkan diri pada hari Senin malam setelah terungkap bahwa dia telah membohongi Wakil Presiden Mike Pence dan pejabat Gedung Putih lainnya tentang percakapannya dengan Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat.

Flynn, yang bertugas  kurang dari sebulan, mengatakan ia telah memberikan "informasi yang tidak lengkap" mengenai panggilan teleponnya dengan duta besar pada akhir Desember tentang sanksi Amerika terhadap Rusia, seminggu sebelum pelantikan Donald J. Trump sebagai presiden. Flynn sebelumnya membantah bahwa ia memiliki percakapan substantif dengan Duta Besar Sergey I. Kislyak, dan Pence mengulangi klaim itu dalam wawancara televisi baru-baru ini.

Tapi pada hari Senin (13/2), mantan pejabat pemerintah mengatakan Departemen Kehakiman memperingatkan Gedung Putih bulan lalu bahwa Flynn belum sepenuhnya berterus terang tentang percakapannya dengan duta besar. Akibatnya, Departemen Kehakiman khawatir Flynn bisa rentan terhadap pemerasan oleh Moskow.

Dalam surat pengunduran dirinya, yang oleh Gedung Putih diemail kepada wartawan, Flynn mengatakan ia telah mengadakan banyak panggilan telepon dengan pejabat asing selama masa transisi. "Sayangnya, karena peristiwa bergerak dengan cepat, saya tidak sengaja memberikan penjelasan yang tidak lengkap kepada wakil presiden terpilih dan pejabat lainnya tentang panggilan telepon dengan duta besar Rusia," tulisnya, sebagaimana diberitakan oleh The New York Times.

"Saya telah dengan tulus meminta maaf kepada presiden dan wakil presiden, dan mereka telah menerima permintaan maaf saya."

"Saya menyampaikan pengunduran diri saya, merasa terhormat telah melayani bangsa kita dan rakyat Amerika dalam cara yang terhormat," tulis Flynn.

Gedung Putih mengatakan dalam pernyataan bahwa Flynn digantikan oleh purnawirawan Letnan Jenderal Joseph K. Kellogg Jr dari Angkatan Darat, seorang veteran Perang Vietnam, sebagai penjabat penasihat keamanan nasional.

Flynn adalah seorang pendukung awal dan bersemangat pencalonan Trump, dan dalam pengunduran dirinya ia berusaha untuk memuji presiden. "Hanya dalam waktu tiga minggu," Flynn mengatakan, presiden baru "telah melakukan reorientasi kebijakan luar negeri Amerika dalam cara mendasar untuk mengembalikan posisi kepemimpinan Amerika di dunia."

Tetapi dengan begitu, ia secara tidak sengaja menggambarkan singkatnya waktu kerjanya yang penuh gejolak nya di Dewan Keamanan Nasional, dan kekacauan yang melanda Gedung Putih pada minggu-minggu pertama pemerintahan Trump yang menciptakan rasa ketidakpastian di seluruh dunia.

Sebelumnya pada hari Senin, Sean Spicer, sekretaris pers Gedung Putih, mengatakan kepada wartawan bahwa "presiden sedang mengevaluasi situasi" tentang masa depan Flynn. Senin malam, nasib Flynn dengan cepat bergeser - pengunduran dirinya datang sekitar tujuh jam setelah Kellyanne Conway, seorang konselor untuk presiden, mengatakan pada MSNBC bahwa Trump memiliki "keyakinan penuh" pada Flynn.

Dan ketika Flynn mundur, hal itu terjadi sangat cepat sehingga pengunduran dirinya tidak tampak telah dikomunikasikan kepada anggota staf Dewan Keamanan Nasional, dua di antaranya mengatakan mereka mengetahui hal itu tentang hal itu dari laporan berita.

Para pejabat mengatakan Pence telah memberitahu orang lain di Gedung Putih bahwa ia percaya Flynn berbohong padanya dengan mengatakan ia tidak membahas topik sanksi pada saat ia berbicara lewat telepon dengan duta besar Rusia di akhir Desember.

F.B.I. telah memeriksa panggilan telepon Flynn. Risiko pemerasan dibayangkan oleh Departemen Kehakiman akan berasal langsung dari upaya Flynn untuk menutupi jejaknya dari bosnya. Rusia tahu apa yang telah dia katakan pada percakapan telepon tersebut, dengan demikian, jika mereka ingin Flynn melakukan sesuatu, mereka bisa mengancam akan membeberkan kebohongan jika ia menolak.

Peringatan Departemen Kehakiman ke Gedung Putih pertama kali dilaporkan pada hari Senin malam oleh The Washington Post.

Selain itu, Angkatan Darat telah menyelidiki apakah Flynn menerima uang dari pemerintah Rusia selama perjalanannya ke Moskow pada tahun 2015, menurut dua pejabat pertahanan. pembayaran tersebut mungkin melanggar honorarium Klausul Konstitusi, yang melarang mantan perwira militer menerima uang dari pemerintah asing tanpa persetujuan dari Kongres. Para pejabat pertahanan mengatakan tidak ada catatan bahwa Flynn, seorang pensiunan bintang tiga Angkatan Darat, mengajukan dokumen yang diperlukan untuk perjalanan tersebut.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home