Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 09:22 WIB | Senin, 17 November 2014

Penataan Struktur Organisasi Kementerian Selesai Akhir Tahun

“Saya harap tugas ini bisa selesai tidak melebihi 25 Desember 2014.”
Kabinet Kerja Jokowi periode 2014 - 2019. (Foto: dok.satuharapan.com/setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Penataan struktur organisasi kementerian dikatakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi akan bisa selesai  pada 25 Desember mendatang.

“Saya harap tugas ini bisa selesai tidak melebihi 25 Desember 2014,” ujar Yuddy pada Jumat (14/11). Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberinya tenggat waktu penataan struktur organisasi hingga akhir Januari 2015.

Secara marathon, Yuddy telah menjemput bola menyambangi koleganya untuk membicarakan perihal perubahan nomenklatur dan struktur organisasi kementerian agar pembahasannya bisa tuntas sesuai target.

Yuddy di hari yang sama mendatangi Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya dan Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. Salah satu materi yang dibahas dalam pertemuan singkat itu menyangkut struktur organisasi.

Ketika ditemui Menteri PAN-RB, Siti Nurbaya tengah melakukan pembahasan kelembagaan dengan 28 Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Siti Nurbaya mengungkapkan ia bermaksud melakukan identifikasi value chain, budaya berpikir, dan bertindak serta domain pelayanan pemerintah dalam urusan kementerian yang dipimpinnya.

Sedangkan saat bertemu Basuki Hadimuljono, Yuddy memastikan proses penataan struktur organisasi akan berjalan dengan baik. Saat ini, pembahasan penggabungan kedua kementerian di Kementerian PU dan Perumahan Rakyat sudah mencapai 70 persen. 

“Kami ingin memastikan bahwa penyusunan, penataan organisasi ini sesuai dengan aturan yang ada, prinsip reformasi birokrasi, serta sesuai instruksi presiden dan diselesaikan selekas-lekasnya,” kata Yuddy.

Garis-garis besar yang diinstruksikan oleh Presiden Jokowi, nomenklatur baru diharapkan memiliki struktur organisasi yang ramping, artinya tidak menambah karyawan, tidak ada duplikasi fungsi, memiliki ketajaman misi, dan capaian terhadap implementasi program yang diharapkan oleh masing-masing  kementerian.

“Perampingan organisasi harus dapat memaksimalkan kinerja pemerintah,” kata Yuddy. (setkab.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home