Loading...
DUNIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:31 WIB | Senin, 06 Oktober 2014

Pencarian Pesawat MH370 Kembali Dilakukan di Samudra Hindia

10 Maret 2014 lalu, seorang wanita melihat pesawat Malaysia di sebelah tanda yang dibuat dan ditulis oleh publik di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia. (Foto: Daniel Chan/AP)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM – Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 kembali dilakukan pada Senin (6/10) di hamparan terpencil di Samudera Hindia. Pencarian ini terus dilakukan setelah lebih dari enam bulan jet tersebut menghilang.

Kapal Go Phoenix diperkirakan akan menghabiskan waktu selama 12 hari untuk mencari jet tersebut sebelum kembali ke pantai untuk mengisi bahan bakar. Sementara itu, para kru akan menggunakan sonar, kamera video, dan sensor bahan bakar jet untuk menjelajahi dasar laut guna mencari Boeing 777 yang hilang sejak 8 Maret lalu dengan 239 orang di dalamnya.

Pencarian ini sebelumnya telah ditahan selama empat bulan agar kru bisa memetakan dasar laut di zona pencarian, sekitar 1.800 kilometer (1.100 mil) barat Australia. Sekitar 60.000 persegi kilometer (km 23,000-square) situs pencarian terletak di sepanjang hamparan laut yang diyakini oleh para peneliti sebagai tempat jatuhnya pesawat.

Dua kapal lainnya yang disediakan oleh kontraktor Belanda, Fugro diharapkan dapat bergabung dengan GO Phoenix akhir bulan ini.

Kapal-kapal ini nantinya akan menyeret perangkat sonar (towish) sekitar 100 meter (330 kaki) di atas  laut untuk mencari reruntuhan pesawat. Towfish ini juga dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi keberadaan bahan bakar jet. Kru juga akan menyematkan kamera video pada towfish.

Martin Dolan, Kepala Biro Keselamatan Transportasi Australia yang memimpin lembaga pencarian ini telah menyatakan optimisme bahwa pesawat pada akhirnya akan ditemukan.

"Kami yakin pada analisis kami dan kami yakin bahwa pesawat ini berdekatan dengan busur ketujuh," katanya. (huffingtonpost.com)

 

Artikel terkait hilangnya pesawat Malaysia MH370 dapat Anda baca di:

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home