Loading...
INDONESIA
Penulis: Fransiska Sari Indah 12:37 WIB | Selasa, 20 Agustus 2013

Pendaftaran Seleksi CPNS 1-20 September 2013

Tes CPNS dilakukan secara transparan dan terbuka (foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyusun jadwal seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur umum. Menurut jadwal, pendaftaran dan pengumuman peserta tes penerimaan CPNS jalur umum pada 2013 dilaksanakan pada 1-20 September mendatang.

Tes CPNS yang meliputi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) dilaksanakan pada 29 September 2013 bagi pelamar umum. Tes ini menggunakan sistem komputer atau Computer Assisted Test (CAT).

Lalu, pelamar umum juga bisa ikut tes dengan menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Tes memakai LJK ini dilakukan pada 3 November 2013. Tes ini juga diikuti tenaga Honorer Kategori II yang ingin diangkat menjadi PNS. Sedangkan CPNS dari jalur sekolah kedinasan mengikuti tes TKD dan TKB pada September sampai Oktober tahun ini.

Pada minggu pertama sampai minggu keempat November akan dilaksanakan pengolahan hasil TKD dan TKB. Pengumuman hasil seleksi pada minggu keempat November sampai minggu ketiga Desember.

Penerimaan Master Soal

Menteri Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar telah menerima master soal TKD dan TKB untuk ujian CPNS tahun 2013. Master soal disusun Konsorsium 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Penyerahan master soal tersebut dilakukan di Kementerian PAN-RB, Senin (19/8) yang dihadiri oleh tim panitia seleksi nasional (Panselnas) pengadaan CPNS. Anggota panitia antara lain Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Kemendikbud, Puspendik, BKN, BPPT, BIN, serta dari Konsorsium PTN.

Master soal tersebut kemudian diserahkan Menteri PAN-RB kepada Tim dari Puspendik untuk dilakukan verifikasi dan pemvalidasian keakuratan dan kelayakan.

Dalam kesempatan tersebut Menteri PAN-RB yang juga ketua tim pengarah Panselnas pengadaan Calon Pegawai Negeri (CPNS), mengapresiasi tim konsorsium karena telah membantu tim Panselnas dalam menyusun soal tes CPNS tahun ini.

Pengadaan Tes CPNS Transparan

Dalam acara tersebut, Abubakar juga menegaskan agar seluruh tim kerja Panselnas tahun 2013 segera menyiapkan perangkat pelaksanaan dan pedoman sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Mereka juga harus melaporkan perkembangan setiap tahapan dengan memperhatikan jadwal yang sudah direncanakan.

Dia berharap penerimaan CPNS kali ini dapat menjadi fondasi pembentukan PNS yang profesional dan birokrasi Indonesia yang modern menuju birokrasi kelas dunia. Sementara itu, Deputi Bidang Aparatur SDM, Setiawan Wangsaatmaja, menyampaikan bahwa pelaksanaan tes CPNS tersebut dilakukan dalam dua metode yakni sistem yang menggunakan lembar jawaban komputer (LJK) dan sistem Computer Assisted Test (CAT). Menurutnya, ada 19 kementerian dan lembaga yang telah mendaftar untuk difasilitasi pelaksanaan tes CPNS menggunakan sistem CAT. 

Sementara itu, Sekretaris Menteri PAN-RB Tasdik Kinanto menghimbau kepada para pelamar yang ikut ujian CPNS, dari pelamar umum, Honorer Kategori II, supaya tidak terkecoh dan terbujuk iming-iming orang bisa menolong lulus tes CPNS. "Hal tersebut tidak benar," kata Tasdik.

Seleksi penerimaan CPNS tahun ini dilakukan terbuka dan transparan. Mereka yang lolos juga akan diumumkan terbuka di media massa. “Yang perlu disiapkan para peserta tes adalah belajar sungguh-sungguh dan fokus,” katanya.(setkab.go.id)

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home