Loading...
Penulis: Sabar Subekti 07:50 WIB | Kamis, 14 Juli 2022

Penderita Long COVID-19 Habiskan Ribuan Dolar untuk Terapi

Virus Corona. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Penyelidik di British Medical Journal (BMJ) telah menemukan bahwa pasien yang mengalami gejala yang melemahkan yang disebut COVID-19 yang lama (long COVID-19) menghabiskan ribuan dolar dan bepergian ke luar negeri untuk perawatan "pencucian darah" eksperimental dengan harapan dapat disembuhkan.

BMJ mengatakan pengobatan eksperimental yang dikenal sebagai apheresis, pengobatan penyaringan darah yang biasanya digunakan dokter pada pasien dengan gangguan lipid yang tidak menanggapi pengobatan atau terapi anti-pembekuan darah, mungkin lebih berbahaya daripada baik, menurut laporan mereka yang diterbitkan, hari Selasa (12/7).

Unit investigasi dari The British Medical Journal dan divisi berita jaringan televisi Inggris ITV News, yang bekerja pada proyek tersebut, menemukan ribuan orang bepergian ke klinik swasta di Siprus, Jerman, dan Swiss untuk terapi anti-pembekuan darah dan apheresis untuk mengobati gejala yang melemahkan dari COVID-19 panjang, yang meliputi kelelahan, nyeri dada, kesulitan bernapas, dan nyeri otot.

Perawatan 'pencucian darah' melibatkan jarum yang dimasukkan ke masing-masing lengan pasien. Dari sana, darah yang keluar dari satu vena melewati filter yang memisahkan sel darah merah dari plasma. Prosedur ini menyaring plasma sebelum menggabungkannya kembali dengan sel darah dan mengembalikannya ke vena lainnya.

Perawatan semacam itu tampaknya didasarkan pada hipotesis bahwa 'penggumpalan mikro' yang ditemukan dalam plasma orang dengan COVID-19 yang lama mungkin bertanggung jawab atas gejala mereka, kata para peneliti dalam rilis berita, dikutip Al Arabiya.

Tetapi para ahli yang dihubungi oleh BMJ dan ITV News mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana gumpalan mikro terbentuk dan apakah mereka menyebabkan gejala COVID-19 yang lama.

Itu tidak menghentikan orang untuk mencoba apheresis. Penyelidik dengan The BMJ dan ITV News berbicara dengan beberapa orang yang telah mencoba mencuci darah, menemukan bahwa pasien menerima hasil yang beragam.

Gitte Boumeester, seorang psikiater magang di Belanda, harus berhenti dari pekerjaannya pada November 2021 karena efek samping infeksi virus corona yang melemahkan. Boumeester mengatakan kepada BMJ bahwa dia mengetahui tentang apheresis dari grup Facebook untuk pasien COVID-19 yang lama.

Dia menghabiskan lebih dari US$50.000 untuk perawatan di The Long Covid Center di Siprus sebelum kembali ke rumah tanpa perbaikan gejalanya, menurut penelitian tersebut. Ini termasuk enam putaran apheresis, sembilan sesi terapi oksigen hiperbarik, dan infus vitamin di klinik swasta di  The Long Covid Center.

Penulis penelitian menambahkan bahwa Boumeester juga harus menandatangani formulir persetujuan, yang digambarkan oleh pengacara dan dokter sebagai “tidak memadai”, dan juga diminta untuk membeli hydroxychloroquine sebelum perawatannya dimulai, jika terjadi infeksi ulang virus corona.

“Kami sebagai klinik tidak mengiklankan, atau mempromosikan. Kami menerima pasien yang memiliki masalah mikrosirkulasi dan ingin dirawat dengan HELP apheresis… Jika pasien membutuhkan resep, itu akan dinilai secara individual oleh dokter kami atau pasien dirujuk ke dokter spesialis lain jika diperlukan,” kata Marcus Klotz, salah satu pendiri Long Covid Center, kepada The BMJ dalam rilis media.

Dr Beate Jaeger, seorang dokter penyakit dalam, mulai merawat pasien COVID-19 lama dengan apheresis di kliniknya di Jerman pada Februari 2021. Jaeger mengatakan dia mulai bekerja dengan mencuci darah setelah membaca laporan bahwa COVID-19 dapat menyebabkan pembekuan darah.

Dokter mengakui bahwa apheresis hanya eksperimental, tetapi mengatakan uji ilmiah memakan waktu terlalu lama untuk diselesaikan. Menurut Jaeger, kliniknya merawat ribuan pasien COVID-19 yang sudah lama, dengan kisah sukses menyebar di media sosial.

Sampai saat ini, tidak ada keluhan tentang Jaeger yang diajukan ke North Rhine Medical Association, The BMJ melaporkan. Chris Witham, seorang pengusaha dan pasien COVID-19 lama dari Inggris menghabiskan lebih dari U&S$8.300 untuk perawatan apheresis dan biaya perjalanan ke Jerman. “Saya akan menjual rumah saya dan memberikannya untuk menjadi lebih baik, tanpa berpikir dua kali,” kata Witham.

Penulis studi juga menemukan bahwa banyak orang menyiapkan halaman GoFundMe untuk mengumpulkan dana untuk perawatan apheresis mereka dan biaya perjalanan terkait.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa antara 10 dan 20 persen pasien COVID-19 menderita COVID-19 yang lama (long COVID-19) setidaknya selama dua bulan setelah infeksi mereka.

Sejauh ini masih belum ada pengobatan resmi untuk COVID-19 yang lama.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home