Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 12:07 WIB | Jumat, 08 Juli 2016

Pendeta Anglikan Dituduh Bayar ISIS Tebus Budak Seks

Canon Andrew White tinggal di paroki Baghdad ketika perang pecah. (Foto: foxnews.com)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM - Pendeta Anglikan yang dikenal sebagai "Vikaris Baghdad", Canon Andrew White sedang diselidiki oleh Inggris karena diduga membayar tebusan kepada ISIS untuk membebaskan budak seks.

Pendeta White, yang tinggal di di Gereja St. George - satu-satunya paroki Anglikan di Irak - statusnya telah ditangguhkan badan amal Inggris dan ditempatkan di bawah penyelidikan resmi.

Komisi Amal Inggris meyakini bahwa uang yang digunakan untuk menebus budak seks berakhir di tangan ISIS.

"Kami tidak pernah memberikan satu sen pun kepada orang-orang jahat," kata White kepada Religion News Service sebagaimana dikutip foxnews.com, hari Kamis (7/7).

Komisi Amal pekan lalu "menegaskan bahwa mereka memulai penyelidikan hukum ke Yayasan Bantuan dan Rekonsiliasi di Timur Tengah (Foundation for Relief and Reconciliation in the Middle East, FRRME)  pada 9 Juni 2016."

Yayasan ini mengumpulkan uang untuk mendukung paroki White, yang telah menyelamatkan jemaat Kristen dari penangkaran. ISIS yang terkenal karena menahan tawanan untuk mendapatkan tebusan.

"Yayasan ini bekerja sama sepenuhnya dengan pihak yang berwenang," kata FRRME di situsnya. "Tidak pantas untuk berkomentar lebih lanjut tentang penyelidikan yang sedang berjalan, selain mengatakan bahwa yayasan percaya pada tahap ini bahwa dugaan insiden berasal dari keinginan yang tulus Canon White untuk membantu orang lain."

White telah menjadi suara yang kuat bagi orang Kristen yang dianiaya di Irak di tengah perang Amerika Serikat melawan gerilyawan yang diikuti jatuhnya Saddam Hussein, serta selama munculnya ISIS. Populasi Kristen di Irak diperkirakan telah berkurang dari sekitar 1,5 juta hingga kurang lebih tersisa 200.000 jiwa selama perang dan gejolak.

White telah menghadapi upaya pembunuhan, mendapatkan laporan penculikan dan menyaksikan gerejanya dibom. Uskup Agung Canterbury mengingatkan dia pada tahun 2014 untuk menjaga keselamatannya sendiri, dan White sejak itu telah memfokuskan diri pada kegiatan amal.

Pengumpulan dana amal mencapai US$ 4,4 juta (atau setara Rp 57 miliar) pada tahun 2014, uang yang dialokasikan untuk membantu orang-orang Kristen di Irak, Yordania, Lebanon, Siprus dan Israel.

“Sementara amal tidak resmi membayar uang tebusan, kami tidak menghabiskan uang untuk membantu mantan tawanan ISIS,” menurut White.

"Seperti yang Anda mungkin telah mendengar, saya telah ditangguhkan dari peran saya sebagai presiden FRRME," tulis White pada halaman Facebook-nya. "Ini adalah jawaban terhadap beberapa pernyataan yang tidak akurat bahwa saya menggunakan pendanaan untuk menebus mantan budak perempuan yang diambil oleh ISIS.”

"Yang jelas adalah bahwa tidak pernah ada waktu kami untuk membayar uang kepada setiap teroris. Sementara saya tidak bisa bekerja atas nama FRRME, saya terus memimpin ibadah dan memberikan dukungan individu bahwa kita membantu," White menambahkan.

Membayar tebusan bagi sandera ISIS adalah tindakan kontroversial. Kritikus mengatakan tindakan itu akan mendorong lebih banyak penculikan dan meningkatkan harga tebusan, tetapi bagi keluarga yang orang-orang terkasihnya ditahan oleh teroris, pertimbangan tersebut kurang penting. 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home