Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:28 WIB | Sabtu, 21 Agustus 2021

Pendiri Taliban Tiba di Kabul untuk Membentuk Pemerintah Baru Afghanistan

Abdul Ghani Baradar, pemimpin delegasi Taliban, berbicara selama pembicaraan antara pemerintah Afghanistan dan gerilyawan Taliban di Doha, Qatar, pada 12 September 2020. (Foto: dok. Reuters)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Salah satu pendiri Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, tiba di Kabul pada hari Sabtu (21/8) untuk berbicara dengan sesama anggota kelompok dan politisi lainnya tentang pembentukan pemerintah Afghanistan baru.

"Dia akan berada di Kabul untuk bertemu dengan para pemimpin jihad dan politisi untuk pembentukan pemerintah yang inklusif," kata seorang pejabat senior Taliban kepada AFP.

Dia ditangkap di Pakistan pada tahun 2010, Baradar ditahan sampai tekanan dari Amerika Serikat membuatnya dibebaskan pada tahun 2018 dan dipindahkan ke Qatar.

Dia diangkat sebagai kepala kantor politik Taliban di Doha, di mana dia mengawasi penandatanganan perjanjian penarikan pasukan asing dengan Amerika Serikat.

Baradar tiba di Afghanistan pada hari Selasa dari Qatar, memilih untuk mendarat di kota terbesar kedua di negara itu, Kandahar, tempat kelahiran spiritual Taliban.

Dalam beberapa jam setelah dia kembali, kelompok itu mengumumkan aturan yang akan diberlakukan  akan "berbeda" kali ini dari pemerintahan sebelumnya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home