Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 01:43 WIB | Rabu, 11 Desember 2013

Penelitian: Produk untuk Terapi Berhenti Merokok tidak Menimbulkan Risiko Jantung Serius

Contoh produk untuk membantu berhenti merokok. (Foto: dari livingsocial.co.id)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Permen pengganti nikotin dan patch (penyerap nikotin yang biasanya ditempelkan di tubuh) atau obat resep populer untuk membantu berhenti merokok menurut penelitian terbaru tidak membahayakan jantung pada pengguna. Hasil penelitian diterbitkan pada Senin (9/12) di jurnal Circulation American Heart Association.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah ada kekhawatiran bahwa beberapa produk berhenti merokok mungkin menimbulkan risiko kardiovaskular yang serius.

Namun dalam analisis menyeluruh dari efek samping dari tiga produk utama penghentian merokok di atas, kejadian jantung yang serius tidak meningkat karena pemakaian produk tersebut, kata para peneliti.

Studi baru melihat dalam 63 uji klinis, yang terdiri 30.508 orang, menemukan bahwa secara keseluruhan, berhenti merokok berhubungan dengan peningkatan kesehatan kardiovaskular, harapan hidup meningkat, peningkatan kualitas hidup dan mengurangi biaya kesehatan untuk kondisi terkait merokok.

"Tidak diragukan lagi, manfaat berhenti merokok lebih besar daripada potensi risiko terapi berhenti merokok," kata Edward Mills, salah satu penulis studi dan seorang profesor kedokteran di Universitas Stanford dan Canada Research Chair di Universitas Ottawa.

Meskipun terapi dengan penggantian nikotin, patch atau permen karet ada risiko detak jantung yang cepat atau tidak teratur, para peneliti mengatakan gejala jantung seperti itu sangat kecil dan hanya sementara.

"Ini risiko yang sangat kecil dan sudah banyak diketahui oleh dokter dan biasanya akan normal dengan sendirinya," kata Mills. "risiko ini sering terjadi ketika orang berterapi penggantian nikotin tetapi juga tetap merokok di saat yang sama, ini merupakan ide yang buruk."

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa kombinasi terapi pengganti nikotin, memakai patch dan menggunakan permen karet nikotin ketika ada keinginan merokok, mungkin lebih efektif namun kombinasi terapi ini menyebabkan lebih banyak efek samping daripada dengan satu terapi tanpa kombinasi seperti dengan permen karet saja atau patch saja.

Tapi Mills mengatakan sebagian besar pasien dalam analisis ini adalah relatif sehat, sehingga hasilnya mungkin tidak benar untuk semua orang.

"Ada kemungkinan bahwa faktor risiko mungkin berbeda pada orang dengan beberapa penyakit," kata Mills. "Pasien harus mendiskusikan dengan dokter setiap faktor risiko potensial yang mungkin sudah berkembang, tergantung dari sejarah merokok mereka." (xinhua)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home