Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 11:41 WIB | Selasa, 22 Juli 2014

Penetapan Hasil Pilpres Akses ke KPU Ditutup

Penetapan Hasil Pilpres Akses ke KPU Ditutup
Sebuah mobil water canon telah terparkir rapi dan siap menghalau demonstran memasuki kawasan Gedung KPU, di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. (Foto-foto: Martahan Lumban Gaol)
Penetapan Hasil Pilpres Akses ke KPU Ditutup
Pasukan Pengamanan Objek Vital (Pamobvit) tengah menutup akses dari arah Bundaran Hotel Indonesia menuju Gedung KPU.
Penetapan Hasil Pilpres Akses ke KPU Ditutup
Polisi bermotor tengah memantau kawasan seputar Jalan Imam Bonjol.
Penetapan Hasil Pilpres Akses ke KPU Ditutup
Beberapa personel kepolisian terlihat masih duduk santai di salah satu halte bus di Jalan Imam Bonjol.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil rekapitulasi nasional Pemilu Presiden 2014 sore ini, Selasa (22/7). Menjelang pengumuman tersebut, pihak Kepolisian Republik Indonesia telah meningkatkan keamanan di sekitar Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, dan menutup sejumlah akses menuju kesana.

Penutupan akses bagi kendaraan umum dan pribadi sudah dilakukan tepat di depan Taman Suropati. Pengendara dari arah Jalan Diponegoro yang hendak menuju Jalan Jendral Sudirman dan sekitarnya, dialihkan melalui Teuku Umar Menteng.

Sementara, yang hendak menuju ke Kuningan, harus berputar melewati rumah dinas Wakil Presiden Republik Indonesia dan menuju Halimun.

Guna mengamankan proses penetapan hasil rekapitulasi hari ini, pihak kepolisian telah menyiapkan 22.500 personel gabungan untuk mengamankan Jakarta, dengan sistem pengamanan empat ring.

Ring pertama terdiri atas polisi berpakaian preman yang ditempatkan di dalam gedung KPU. Tugasnya, mengamankan jalannya pengumuman dan penetapan pemenang Pemilu Presiden 2014.

Ring kedua dijaga oleh personel Brigadir Mobil (Brimob) dan satuan lalu lintas. Mereka akan berjaga di halaman KPU. Selanjutnya, ring ketiga berada di jalan depan gedung KPU. Pada ring ini, yang berjaga adalah personel Brimob, personel satuan lalu lintas, dan anggota gabungan Pengamanan Objek Vital (Pamobvit).

Ring terakhir, atau yang terluar berada di akses menuju Gedung KPU dari Jalan Diponegoro.  

Di halaman depan Gedung KPU, sekitar 30 personel polisi dengan kendaraan bermotor siap melakukan penjagaan. Mereka pun mengamati suasana di Jalan Imam Bonjol yang telah disterilkan dari lalu lintas umum sejak pagi ini.

Dua buah kendaraan Barracuda telah terparkir di dalam halaman kantor KPU. Kendaraan lapis baja tersebut disiapkan sebagai antisipasi jika terjadi kericuhan saat penetapan rekapitulasi hasil pemungutan suara nasional. Saat memasuki gerbang KPU, kita juga dapat menemukan anjing K9-sebutan untuk anjing polisi-yang disiagakan pihak kepolisian.

Selain itu, pihak kepolisian pun telah menyiagakan dua buah kendaraan water canon, masing-masing terletak di ujung Jalan Imam Bonjol yang menuju Bundaran Hotel Indonesia dan Taman Suropati, kendaraan akan bersiaga dan menghalau bila ada demonstran yang coba memasuki wilayah yang telah disterilkan kepolisian.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home