Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 16:29 WIB | Rabu, 20 April 2022

Pengadilan Hong Kong Vonis Penjara 40 Bulan Aktivis Pro Demokrasi

Aktivis pro demokrasi, Tam Tak-chi, memegang payung kuning, simbol gerakan Occupy Central, saat dia dikawal polisi setelah menghadapi pendukung pemerintah saat Kepala Sekretaris, Carrie Lam, ditampilkan di layar televisi raksasa selama acara promosi yang dipimpinnya tentang reformasi pemilu, di Hong Kong, 25 April 2015. (Foto: dok. Reuters)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM-Seorang aktivis oposisi Hong Kong divonid penjara selama 40 bulan pada hari Rabu (20/4) setelah pengadilan penghasutan pertama kota itu sejak penyerahannya dari Inggris ke pemerintahan China hampir 25 tahun yang lalu.

Menghukum politisi dan mantan pembawa acara radio, Tam Tak-chi, di Pengadilan Distrik, hakim Stanley Chan mengatakan dia tidak bisa mengabaikan “realitas sosial-politik” Hong Kong mengingat protes dan kekerasan yang berlarut-larut yang mengguncang kota itu pada tahun 2019.

Memperhatikan pelanggaran Tam terjadi pada paruh pertama tahun 2020, Chan mengatakan dalam penilaiannya bahwa “pengadilan tidak dapat menghilangkan realitas sosial dan politik sebagai latar belakang hukuman, yang juga memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang keseriusan kejahatan terdakwa dan tujuan politiknya.”

Dia menghukum Tam atas 11 tuduhan yang termasuk mengucapkan kata-kata hasutan, gangguan publik dan hasutan untuk mengambil bagian dalam pertemuan yang tidak sah. Tam juga didenda US$ 638 (HK$ 5.000).

Tam ditangkap pada Juli 2020, beberapa pekan setelah Beijing memberlakukan undang-undang keamanan nasional menyeluruh di kota itu.

Sementara dakwaan melibatkan pelanggaran yang ada sebelum undang-undang baru, kasusnya ditangani oleh hakim Chan, bagian dari panel baru yang dipilih oleh Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam, untuk menangani kasus keamanan nasional.

Hakim Chan sebelumnya menerima argumen penuntut bahwa penggunaan slogan protes oleh Tam, yang populer pada 2019, “bebaskan Hong Kong, revolusi zaman kita”, mengandung konotasi pro-kemerdekaan.

Pengacara pembela Tam mengatakan di pengadilan bahwa dia telah lama bersemangat tentang politik dan masalah sosial dan menginginkan perubahan bagi masyarakat, bukan keuntungannya sendiri.

Para ahli hukum mengatakan bahwa pelanggaran hasutan era kolonial tidak digunakan selama beberapa dekade, tetapi kemungkinan akan digunakan lebih banyak setelah undang-undang keamanan diberlakukan.

Aktivis lain sejak itu dipenjara karena pelanggaran hasutan setelah penangkapan Tam.

Pemerintah Barat dan kritikus lainnya mengatakan undang-undang keamanan nasional telah membahayakan kebebasan dengan ketentuan jaminan yang ketat dan memperluas kekuasaan polisi di bawah rezim hukum yang menghukum subversi, terorisme, dan kolusi dengan pasukan asing hingga hukuman penjara seumur hidup.

Pejabat Hong Kong dan China mengatakan undang-undang itu penting untuk memastikan stabilitas setelah protes 2019, dan mengatakan penuntutan tidak bersifat politis.

Tam mengatakan di halaman Facebook-nya pada hari Rabu bahwa dia akan mengajukan banding, dengan mengatakan "hukuman saya akan mempengaruhi kebebasan berbicara warga Hongkong." (Reuters))

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home